ads

7 Wilayah Indonesia yang Terkenal dengan Pertambangan Emas

Indonesia terkenal akan sebuah negara yang terdiri dari banyak kepulauan. Dengan pulau sebanyak 17.000, dilewati jalur khatulistiwa, iklim yang tropis dan jenis lainnya menjadikan Indonesia merupakan negara yang kaya dan menghasilkan banyak sekali hal-hal yang tidak bisa ditemukan di negara lain. 

Anda bisa mendapatkan sumber daya alam diperbaharui seperti halnya flora dan juga fauna yang beragam dan juga banyak. Selain itu, ada juga sumber daya yang tidak diperbaharui yang juga tidak bisa didapatkan sembarangan di negara lain. 

Ada banyak jenis bahan yang tidak diperbaharui seperti halnya logam mulia, alumunium, besi, perak, dan juga emas. Membicarakan mengenai emas di negara kita tidak hanya memiliki satu tempat saja. Namun nyatanya Indonesia memiliki banyak tempat pertambangan emas yang bahkan dunia saja tahu. Negara lainpun memang menghasilkan emas, namun titiknya tidak sebanyak yang dimiliki Indonesia. Dimana saja ?


1) Puncak Jaya – Pertambangan Emas Grashberg


Siapa yang tidak tahu bahwa puncak jaya merupakan pertambangan emas berkualitas tinggi ? Rasanya semua orang di Indonesia bahkan dunia tahu bahwa tanah puncak jaya benar-benar populer akan kekayaannya dan mereka yang Investasi Emas.

Tambang Grashberg termasuk pertambangan emas yang menimbulkan kontroversi dan juga sorotan banyak pengusaha. Daerah tambang ini dikelola serta diproduksi langsung oleh PT. Freeport dan terus menjadi permasalahan besar. Dimana banyak pengusaha asing yang menguasai dan bukan Indonesia sebagai tuan rumahnya. 

Tambang Grashberg juga merupakan pertambangan emas yang memang emas asli yang beredar untuk dijadikan investasi masyarakat. Meskipun begitu, terkadang Tambang ini mengalami penghambatan produksi karena masalah sosial politik bukan karena tambang tersebut bermasalah.


2) Sumbawa - Pertambangan Emas Batu Hijau


Tidak hanya di Papua pertambangan emas bisa ditemukan di tanah Sumbawa juga membuktikan bahwa mereka bisa memproduksi logam mulia bernilai ini. Daerah Indonesia merupakan daerah yang termashyur untuk menghasilkan emas, dan hal ini tidak disangkal lagi. 

Namun ada pertambangan emas yang ada di Batu Hijau, Pulau Sumbawa yang juga bisa menghasilkan atau memproduksi emas cukup tinggi dengan kualitas yang baik. Disebut Tambang emas Batu Hijau sudah dibuka sejak tahun 2000 lalu. Kategorinya memang baru dibandingkan penambangan lainnya terutama untuk anda yang ingin Investasi emas.

Daerah Indonesia Timur memang mahsyur akan hasil pertambangan emas yang melimpah. Salah satunya adalah tambang emas yang berlokasi di Batu Hijau, Pulau Sumbawa. Pemerintah mencatat bahwa Tambang ini berhasil menghasilkan beberapa hasil bumi, diantaranya adalah 2.77 juta ton tembaga yang memiliki rata-rata 0,69g/ton emas terkumpul dari pertambangan emas ini. 

Selain pertambangan emas yang berhasil dipanen, Sumbawa ini menyuguhkan pemandangan yang berbeda. Jika biasanya daerah tambang emas selalu berbentuk tambang pasir, gersang, panas, berbahaya dan sejenisnya. Namun berbeda di sumbawa yang menyajikan pemandangan yang benar-benar indah. 

Namun sedihnya saham terbesar tambang ini disuntik oleh pihak asing yang mana hal tersebut menyatakan bahwa tambang emas Batu Hijau masih dikelola pihak asing. Menurut informasi, Indonesia baru bisa menguasai pertambangan emas ini di tahun 2025 setelah pihak asing benar-benar menyelesaikan saham dan kontraknya. 


3) Halmahera, Maluku – Pertambangan Emas Gosowong


Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa Indonesia Timur tak diragukan sebagai tempat penambangan emas yang paling banyak dan tentu berkualitas baik. Untungnya tempat pertambangan emas  ini dikelola oleh BUMN langsung dan dibawah naungan PT ANTAM.

Untuk pihak asing sendiri tetap ada kerjasama, yaitu dengan perusahaan Newcrest. Namun saham yang dikelola oleh Indonesia masih lebih banyak. Di tempat ini bukan hanya pertambangan emas saja yang berhasil didapatkan di tanah Halmahera namun juga perak. 

Menurut catatan yang dibuat oleh pemerintah, pertambangan emas ini dibuka selama 20 tahun lamanya. Penambangan juga sudah ada lebih dari 20 juta ons biji emas yang sudah sukses diangkat dari dalam perut bumi. Sehingga emas yang diperjualbelikan oleh ANTAM bisa jadi merupakan emas berkualitas dari Halmahera.

4) Jawa Barat – Pertambangan Emas Cikotok


Tambang Cikotok merupakan pertambangan emas melimpah yang ditemukan di desa kecil Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak Selatan, atau kurang lebih 130 km di Selatan Rangkasbitung, Provinsi Banten. Siapa yang menyangkan dengan desa kecil ini ternyata ditemukan harta karun sebesar ini. 

Walaupun ukurannya tidak besar, namun anda bisa menemukan logam mulia dengan jenis emas yang bisa anda panen dengan mudah di pertambangan emas ini. Selain emas ada juga batubara yang bisa dihasilkan dan mendukung hasil energi yang berhasil dipanen oleh pemerintah dan bisa diperjual belikan. 

Pertambangan emas Cikotok sendiri bermula dari ditemukannya tempat ini oleh ahli geologi asal Belanda pada tahun 1839. Setelah ditemukan tempat ini, maka ada eksplorasi besar-besaran dan diadakan penambangan di wilayah Pasir Gombong dan Cikotok, ketika itu juga Cikotok langsung teracak-acak oleh banyak perusahaan pertambangan emas.

Namun produksi ini dihentikan saat Jepang menjajah Indonesia hingga tahun 1968, PN tambang emas Cikotok kembali beroperasi dan menggandeng ANTAM agar pengelolaannya lebih terarah dan juga lebih terkendali. Sekarang ini Cikotok menjadi penyumbang pertambangan emas terbesar ANTAM Indonesia. 


5) Kalimantan Tengah – Pertambangan Emas Kapujon 


Pertambangan emas Kalimantan Tengah merupakan sebuah daerah yang mungkin berbeda dengan daerah Kalimantan lainnya. Jika bagian lain Kalimantan merupakan tempat yang berhasil meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar dengan batubara namun Kalimantan Tengah dengan bahan mineral lainnya. 

Pujon sendiri adalah sebuah desa kecil yang ada di Kalimantan Tengah, dan letaknya di Kecamatan Kapuas Tengah, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah. Untuk letaknya sendiri lumayan jauh dari perkotaan, namun jangan khawatir karena anda bisa mencapai lokasi dengan berbagai jenis transportasi, karena sudah lumayan banyak angkutan ke tempat pertambangan emas.

Selain menjadi tempat transit bagi para penambang batubara dan petani kelapa sawit, Desa Pujon merupakan desa yang terkenal akan hasil pertambangan emas yang sangat banyak. Sehingga tak heran pemerintah menyatakan bahwa tempat ini menjadi tempat penambangan emas yang populer dan menjanjikan. 

Selain itu anda bisa menemukan biji emas dengan mudah disini bahkan didalam hutan sekalipun, sehingga dijuluki sebagai desa emas. Nah jika anda ingin mengunjungi area ini anda akan dihadapkan oleh penampilan padang pasir yang terhampar. 

Namun beberapa kali masyarakat sempat mengeluhkan mengenai lokasi pembuangan limbah pasir dari aktivitas pertambangan emas yag rutin dikerjakan warga hampir setiap harinya dan dibuang sembarangan. Akhirnya perusahaan mengelola limbah serta sampah hasil produksinya dengan baik.


6) Maluku Utara – Pertambangan Emas Kencana


Kembali Maluku menjadi tempat dambaan bagi pertambangan emas. Dimana Maluku Utara terdapat salah satu tambang yang disebut tambang Kencana. Meskipun begitu, beberapa kali tambang ini mengalami kasus dan permasalahan.

Tambang emas memang pada dasarnya sangat bahaya karena melakukan pengerukan di tanah-tanah hingga gorong-gorong. Resiko yang mengalami penimbunan atau terkubur hidup-hidup akibat longsoran sangatlah besar. 

Dari data yang didapat sendiri sudah ada 4,63 juta ons emas murni yang berhasil dihasilkan oleh tambang kencana. Namun sudah beberapa kali juga permasalahan atau kasus penimbunan orang dan terkubur hidup-hidup. 

7) Kalimantan Timur - Tambang Emas Kelian


Meskipun jauh dari ibukota Jakarta dan berada di pulau Kalimantan yang jarang terperhatikan oleh pemerintah. Namun Kalimantan Timur merupakan provinsi yang kaya dan tentu menghasikan banyak sekali energi, pertambangan emas dan kekayaan alam.

Kalimantan Timur terkenal sebagai provinsi yang berhasil memanen batubara dan juga berkualitas. Namun di Kutai ada juga daerah yang menghasilkan pertambangan emas berkualitas.  Namun perusahaan yang bisa masuk kesini tidaklah mudah karena suku asli Kalimantan yaitu Dayak yang berkuasa dan benci jika alam harus diacak-acak. Meskipun emas sendiri bisa menjadi penghasilan yang besar. 

Salah satunya adalah Rio Tinto Group yang harus menutup perusahaan dan selesai di tahun  2015 setelah mengeruk 7.8 juta ons emas disini. Operasi ini telah dilakukan selama 45 tahun berada di tanah adat suku Dayak.

Meskipun begitu banyak masyarakat kota dan khususnya daerah tersebut yang membutuhkan campur tangan pemerintah yang sesungguhnya. Mengingat perusahaan pertambangan emas  sebelum-sebelumnya mengeruk hasil pertambangan emas dengan sembarangan tanpa memikirkan bahwa hal tersebut adalah milik desa atau tempat lain, dan tidak adanya kontribusi atau feedback yang baik pada masyarakat sekitar. 

Tujuh pertambangan emas besar diatas merupakan bukti bahwa tempat di Indonesia berhasil menunjukan bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya raya dengan tempat-tempat yang berpotensi untuk menambah perekonomian dunia. 

Namun seperti yang dibahas diatas, jika adanya pertambangan emas maka anda harus hati-hati. Mengingat resiko yang tinggi dan membahayakan pasti selalu menghantui penambangan emas. Jika terjadi penimbunan tentu harus ada penanganan yang tinggi dan tepat.


logoblog

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " 7 Wilayah Indonesia yang Terkenal dengan Pertambangan Emas "

Posting Komentar