ads

Pengusaha Kaya Indonesia Pemilik Pertambangan Emas

Orang Kaya dengan Tambang Emas dan pengusaha pemilik tambang emas di indonesia


Negara Indonesia terkenal sebagai Negara yang kaya dengan tambang emas. Oleh karena itu tidak heran banyak bermunculan orang Indonesia yang kaya dari tambang Emas ini.

Adanya pertambangan emas  ini menyebabkan banyak orang memutuskan untuk berinvestasi dengan emas. Karena memang investasi emas ini cenderung stabil dan bahkan terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini terkait dengan pertambangan emas yang tidak bisa ada selamanya.

Maksudnya adalah emas merupakan salah satu sumber daya tidak terpebaharui sehingga jika habis maka pertambangan emas tidak bisa berjalan kembali dan kenyataan ini menyebabkan emas menjadi mahal dari tahun ke tahun dan tidak bisa dipaksakan. Nah membicarakan mengenai pertambangan emas, ada beberapa pengusaha tambang emas yang berhasil. 

Mungkin kita sudah mengenal beberapa tambang emas di Indonesia, seperti PT. Freeport Indonesia yang beberapa tahun kebelakang ini menjadi polemik. Saya tidak akan membahas perusahaan tambang besar dunia yang ada di dunia, namun tentang pengusaha indonesia yang memiliki tambang emas dan kaya dari sana.

Siapa saja dan bagaimana mereka bisa berkembang sehingga bisa menjadi penambang emas yang berhasil dan juga sukses bahkan menjadi dereta penambang emas terkaya :

Pengusaha Kaya Indonesia Pemilik Pertambangan Emas


1. Pertambangan Emas ala Boy Thohir

Siapa yang tak kenal dengan Boy Thohir ? pria yang bernama Garibaldi Thohir ini lebih sering dikenal dengan nama Boy Thohir dan menjadi pengusaha besar dan sukses. Boy sendiri merupakan putra dari salah seorang pengusaha sukses dan besar yaitu Teddy Thohir sebagai pemilik grup Astra International ini. 

Pertambangan emas, milik Boy sendiri sudah tidak diragukan lagi. Sebagai seorang pengusaha yang menimba ilmu di berbagai tempat bahkan Boy meraih gelar MBA, Boy Thohir justru ingin menjajal peruntungan di perusahaan bergengsi, seperti Citibank, IBM di 1990-1991, tak heran Boy ahli di Pertambangan emas.

Dulu sebelum memilih pertambangan emas, Boy memilih untuk usaha tanah atau jual beli tanah dimana saat ini tanah tersebut sudah menjadi apartemen kasablanka. Namun disini usahanya gagal dan merugi besar. Tetapi uniknya, Boy tidak penah merasa kesal ataupun menyesal karena mencoba usaha ini.

Sebelum Pertambangan emas, Boy juga sempat mendirikan PT WOM Finance. Meskipun begitu ketika awal Boy membangun sempat sulit karena pas dengan krisis moneter yang terjadi di tahun 1998. Sehingga Boy cukup merugi.

Sekaran ini Boy merupakan sosok paling berperan dalam membangun kejayaan PT Adaro Energy Tbk (ADRO). Perusahaan ini merupakan salah satu produsen batubara raksasa di dunia. 

Selain itu Boy juga mencoba melebarkan sayap dengan membuka usaha Pertambangan emas. Meskipun bukan yang utama seperti halnya tambang emas dan sejenisnya, namun perusahaan ini terbukti meroket dan membawa Boy untuk menjadi pengusaha yang sukses. 

Orang Kaya dengan Tambang Emas dan pengusaha pemilik tambang emas di indonesia


2. Pertambangan Emas ala Sandiaga Uno

Jika selama ini bingung bagaimana Sandiaga begitu kaya, maka anda coba untuk meneliti kembali apa yang sebenarnya digeluti oleh Sandiaga Uno hingga bisa sukses dan kaya. 

Pertambangan Emas  yang dimiliki oleh Sandiaga Uno dan keluarga Soeryadjaya yaitu PT Merdeka Copper Gold Tbk merupakan jenis Pertambangan Emas   yang besar dan juga terkenal akan keuntungan serta kerugiannya.

Banyak yang mengklaim bahwa perusahaan ini sebagai Pertambangan Emas  terbesar kedua setelah Freeport. Dimana freeport merupakan Pertambangan Emas   yang populer dan juga digilai oleh banyak investor dan pengusaha bahkan dalam tingkat dunia. 

Namun beberapa kali, perusahaan Sandiaga Uno mengalami jatuh bangun dan mengalami siklus keuntungan dan kerugian yang cepat. Setelah produksi pertambangan Emas  perusahaan Sandiaga mengharapkan adanya keuntungan  US$ 19,2 juta di 2017 dan seterusnya.

Pertambangan Emas  milik Sandiaga menjabarkan bahwa perusahaan miliknnya telah memiliki lapisan oksida dengan total cadangan bijih emas sebesar 898.262 ounce (oz) dan perak 21.644.984 oz. Sementara total sumber daya mineral dalam lapisan oksida mencapai 2.142.064 oz untuk emas, dan 75.129.831 oz untuk perak, sehingga lebih berkualitas dan bagus. 

Selain itu tercatat prestasi mengenai Merdeka Copper ini yang menjadi pertambangan Emas  dan mineral pertama di Indonesia yang belum berproduksi tapi sudah berkesempatan melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sehingga prestasi ini membuktikan adanya usaha pertambangan Emas bukanlah usaha yang main-main. 

Lokasi pertambangan emas sendiri dibagi menjadi perusahaan dengan dua anak usahanya PT Bumi Suksesindo (BSI) dan PT Damai Suksesindo (DSI) telah memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP). BSI memiliki Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi (IUP OP). 

Berdasarkan keputusan Bupati Banyuwangi No.188/547/KEP/429.011/2012 tanggal 9 Juli 2012. Lokasi IUP BSI dan DSI terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Provinsi Jawa Timur, dengan IUP BSI seluas 4.998 hektar dan dengan IUP DSI seluas 6.623 hektar.

Sedangkan untuk pertambangan emas terletak di Kota Banyuwangi ditempuh 9 jam dari Surabaya dan 7 jam dari Denpasar atau Bali, ataupun bisa ditempuh dari Surabaya atau Bali ke Banyuwangi 1-1,5 jam.

Sandiaga Uno memang terkenal sebagai seorang keluarga yang memang berdarah pengusaha. Dimana sang ayah sendiri merupakan pengusaha besar di Indonesia dan kehidupannya sama seperti Boy Thohir yang kental akan bisnis. 

Orang Kaya dengan Tambang Emas dan pengusaha pemilik tambang emas di indonesia


3. Pertambangan Emas Erwin Soeryadjaya

Membicarakan mengenai pertambangan emas lain maka kita membicarakan mengenai Edwin Soeryadjaya. Dimana seorang Erwin atau lebih terkenal dengan nama Soeryadjaya ini merupakan pendiri Saratoga Capital . 

Ia juga terkenal dan menjabat sebagai ketua Saratoga Capital Investment. Selain usaha besarnya, Erwin menjadi Direktur Eksekutif L & M Group Investment Ltd dan telah menjabat sebagai Wakil Ketua sejak Juni 1999. Di tahun ke tahun selanjutnya, Erwin memang terkenal sebagai seorang pemimpin yang berkualitas sampai akhirnya memutuskan untuk terlibat dengan jual beli saham pertambangan emas dan akhirnya ia menguasai saham dengan nominal besar. 

Dari banyak sekali karir dan juga jabatan yang telah ia rasakan serta beberapa kali ia pimpin. Erwin dikenal sebagai orang yang ahli dalam dunia bisnis, tak heran ia melakukan investasi emas dan mencoba berbisnis pertambangan emas. Sama halnya dengan rekan lainnya seperti Sandiaga Uno dan juga Boy yang membuktikan bisa sukses dan kaya dengan pertambangan emas.

Sumatera Copper sendiri merupakan salah satu pertambangan emas yang terletak di daerah Tembang dan Tandai di Bengkulu. Sumatera Copper yang dipimpin oleh Erwin sudah memiliki 7 Ijin Usaha Pertambangan (IUP). 

Proyek pertambangan emas Tembang bahkan telah memproduksi 140.000 ons emas pada periode 1997-2000, itu merupakan total yang luar biasa yang berhasil dicapai oleh perusahaan yang dipimpin oleh Soeryadjaya.  

Selain itu, pertambangan emas Sumatera Copper telah mengklaim bahwa mereka berhasil menyimpan cadangan emas sebesar 1 juta ons dan perak 12.8 juta ons. Di pertambangan emas Tandai, Sumatera Copper berpatner dengan Newcrast  Mining, yang mengontrol tambang emas Gosowong di Halmahera.

Sihayo Gold Ltd (SIH)

Diluar Sumatera Copper yang menjadi pertambangan emas yang sukses dan besar, Edwin juga memiliki 9.41 % saham perusahan besar Sumatera Copper. Kemudian ada juga beberapa pemegang saham lainnya adalah Provident Mineral Ltd (9.41 %) dan National Nominees Pty Ltd (13.2 %), Shinee Investmen Kandall (5.92%), Ya Chee Siew (3.75 %) dan Goldstar Asia Mining (4.86 %).

Sedangkan untuk pertambangan emas Sihayo di Pungkut, Sumatera Utara diperkirakan memiliki cadangan emas sebesar 1.4 juta ons. Sihayo mengontrol 75 % saham PT Sorikmas. Pertambangan emas ini memiliki cadangan sebesar 1.4 juta ons emas.

Pengusaha besar emas dan juga penjual emas diatas ini bukan semata-mata berhasil dan sukses mendapatkan keuntungan dari bisnis pertambangan emas. Mereka mencoba terlebih dahulu bisnis yang lainnya dan mengalami permasalahan jatuh bangun.  Sampai akhirnya berhasil mendapatkan apa yang mereka inginkan. 

Sebenarnya masih banyak tempat pertambangan emas dengan jenis perusahaan yang lebih kecil milik swasta atau milik masyarakat di Indonesia. Asal bisa mengelolanya maka perusahaan pertambangan emas tidak akan bermasalah dan izin perusahaannya akan diizinkan. 

Sedangkan jika anda tidak memikirkan pembuangan limbahnya, masalah izin bangunannya, tidak adanya bantuan secara kerjasama dengan masyarakat disekitar pertambangan emas ataupun jenis lainnya bisa jadi perusahaan anda akan ditutup secara sepihak. Untuk menjadi pengusaha pertambangan emas sukses seperti mereka memang tidak mudah. 

logoblog

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengusaha Kaya Indonesia Pemilik Pertambangan Emas "

Posting Komentar