ads

Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas Dunia, dan Dampak Pada Emas Antam

Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas Dunia, dan Dampak Pada Emas Antam


Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas Dunia, dan Dampak Pada Emas Antam

Emas memang banyak dipilih investor karena keamanan harganya dan juga stabilitasnya. Terutama untuk anda yang ingin investasi namun tidak mau bersaing dengan yang lain dan hanya fokus pada kerugian dan keuntungan anda sendiri.

Maka anda bisa memilih untuk investasi emas, semua keuntungan dan kerugian anda tanggung sendiri dan tidak ada efeknya pada orang lain. Kalaupun mempengaruhi biasanya secara tidak langsung, bukan langsung layaknya investasi forex ataupun saham yang mengharuskan anda adu strategi. 

Membicarakan mengenai emas, meskipun stabil tetap saja dunia ekonomi terus berputar. 
Dunia ekonomi dan bisnis seperti halnya kotak pandora yang tidak pernah anda tahu kapan menguntungkan dan kapan merugikan. Anda seperti bertaruh apa yang anda miliki untuk sebuah keuntungan. 

Begitupun dengan emas, walaupun stabil tetap saja dunia emas ada faktor yang mempengaruhi harganya akan naik dan juga turun. 

Walaupun selama ini emas berhasil naik harga dan tentu menguntungkan bagi banyak investor emas. 

Namun mereka juga mengalami masa dimana emas benar-benar turun jauh dan mengkhawatirkan. 

Ada beberapa faktor yang bisa anda pelajari yang akan mempengaruhi harga emas khususnya emas dunia serta dampaknya langsung pada emas ANTAM kita. Apa saja faktornya ?

1. Harga Minyak
Emas akan mengalami kenaikan harga jika minyak naik secara signifikan, dimana minyak mentah merupakan perjanjian bisnis banyak negara yang benar-benar menguntungkan. Tak heran hal ini akan berdampak pada semua alat tukar baik emas ataupun uang. Biasanya jika uang maka akan berdampak pada dollar. 

Seperti halnya invasi Amerika ke Irak dimana Irak merupakan negara terbesar yang memproduksi minyak. Adanya invasi tersebut menyebabkan harga minyak melambung dan begitupun emas. Jika minyak tidak mengalami masalah dan harganya naik serta dibutuhkan maka emaspun begitu. Efeknya untuk ANTAM, pertama adalah penurunan pembelian oleh para investor. 

Meskipun tidak besar karena pada waktu selanjutnya harga emas akan lebih tinggi dan lebih rugi jika membelinya nanti namun tetap saja ANTAM memiliki grafik tersendiri. Selain itu, jika harga emas naik perputaran bisnis emas cenderung berjalan. Mengingat tidak ada inflasi terjadi sehingga emas dianggap stabil dan juga aman untuk investasi.

2. Monopoli/Kasus Emas Dunia
Kasus seperti halnya monopoli emas dunia bisa langsung berdampak pada harga emas. Seperti halnya penimbunan garam yang akhirnya menaikan harga garam karena langka. Ataupun di Indonesia penimbunan gas elpiji yang menjadikan kenaikan harga gas. 

Nah hal ini sama teorinya dengan emas dunia dan berpengaruh ke emas ANTAM Indonesia. Meskipun tidak terlalu berpengaruh pada ANTAM karena di Indonesia sendiri kita masih bisa memproduksi emas, namun tetap saja patokan harga dunia harus dituruti oleh ANTAM. 

Jika pasokan emas dunia ditimbun maka emas akan langka dan harganya akan melambung naik. Banyak orang yang berlomba mencari emas karena butuh namun juga banyak orang yang menjual karena harganya tinggi dan tentu saja menguntungkan.

3. Isu Global
Isu global berpengaruh pada banyak hal mulai dari Politik, krisis, resesi sampai perang natar negara. Jika terjadi kerusuhan dan peperangan maka ekonomi akan kacau balau dan harga emas sudah jelas melonjak. Krisis ekonomi ataupun isu global akan mempengaruhi harga emas dunia ataupun harga emas Indonesia. 

Meskipun negara kita tidak ikut berperang namun ekonomi global juga berpengaruh pada ekonomi dunia. Lantas mengapa demikian ? jika terjadi perang maka ekonomi tidak stabil dan nilai mata uang akan menurun. Maka banyak orang yang menggunakan emas untuk transaksi agar lebih stabil dan tidak terpengaruh ekonomi dan politik. 

Jika terjadi hal seperti ini maka ANTAM akan mengikuti harga dunia dimana emas akan naik. Walaupun kembali lagi dikatakan bahwa Indonesia tidak ikut berperang, namun pasti negara Indonesia ikut dalam salah satu kerja bisnis dan terkena dampak pada ekonomi.

4. Inflasi
Inflasi merupakan salah satu hal yang ditakutkan oleh banyak orang. Inflasi adalah angka yang bisa menunjukan kenaikan harga barang dan juga menyebabkan mata uang menjadi turun. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya inflasi diantaranya adalah :

Konsumsi atau pola pembelian masyarakat lebih banyak dibandingkan penjualan
Berlebihnya likuiditas pasar sehingga bisa memicu konsumsi atau bahkan spekulasi dan itu membahayakan
Adanya ketidaklancaran distribusi barang sehingga terhambat. 
Karena ketiga faktor inilah menyebabkan inflasi atau nilai mata uang turun. Jika ini terjadi maka ? sudah jelas banyak investor yang beralih ke emas dengan nilai yang lebih stabil dan tidak tergeser. 
Efeknya pada ANTAM tentu akan menguntungkan karena banyaknya penjualan emas atau banyaknya masyarakat yang membeli emas. Serta menggunakan emas sebagai alat tukar lain yang lebih berharga dan aman, terutama untuk transaksi bisnis besar.

5. Dollar
Dollar merupakan salah satu mata uang yang memang terkuat dan juga dijadikan banyak sekali transaksi dunia. Sehingga dollar akan berpengaruh pada semua aspek ekonomi dunia meskipun secara tidak langsung. 

Sayangnya hubungan antra emas dan mata uang Dollar adalah negatif. Jika nilai dollar menguat maka harga emas turun. Hal ini dikarenakan banyak orang yang cenderung memilih dollar untuk bertransaksi dan juga untuk investasi sedangkan jika nilai dollar turun maka emas akan menguat. 
Apabila terjadi ketidakpastian ekonomi layaknya resesi global maka dollar akan otomatis melemah dan investasi emas akan meningkat baik fisik ataupun non fisik. Jika dollar menguat, maka perusahaan ANTAM tentu akan menurunkan kinerjanya dalam jual beli emas karena menurunnya harga, kemungkinan akan banyak atau tinggi pada pembelian emas saja. Sedangkan jika dollar melemah maka akan tinggi penjualan emas ke perusahaan ANTAM.

6. Pembelian dari Industri Dunia
Menurut laporan dari World Gold Council yang ada di Inggris, industri perhiasan emas cukup mempengaruhi bagaimana harga emas berjalan di dunia. Dimana industri emas mengambil sekitar 54% emas yang ada di dunia dan mencapai lebih dari 3000 ton emas. 

Uniknya selain uang kertas, dan juga bank-bank sentral dunia yang selama ini kita ketahui ada juga tempat yang mengelola cadangan emas dalam jumlah besar dan bisa dikatakan emas dunia. Laporan World Gold Council menyebutkan bahwa akhir-akhir ini bank-bank sentral dunia sadar dan sangat banyak melakukan transaksi serta  membeli emas dari pada menjual, hal ini menyebabkan naiknya harga emas dunia. 

Sebagian besar emas yang diminta datang dari negara India, China dan Amerika yang memang memproduksi emas baik perhiasan, non perhiasan dengan sangat tinggi. Jika hal tersebut terjadi maka harga emas akan naik. Sesuai dengan hukum permintaan dan penawaran dimana jika permintaan tinggi maka harga emas akan naik. Selain itu, ketika permintaan emas akan naik maka produk elektronik juga akan terpengaruh. 

Efek atau dampaknya pada emas ANTAM sebagai media untuk masyarakat Indonesia membeli emas adalah naiknya harga emas yang dijual mengikuti pasar dunia. Meskipun pernah terjadi penurunan harga emas secara besar-besaran hingga lebih dari 30% di tahun 2009 karena krisis keuangan global yang menyebabkan pembelian emas dunia juga menurun dan harga emas tentu turun drastis.

Jika membicarakan dampak pada ANTAM tentu saja akan berhubungan dengan keadaan emas dunia. Karena banyak bisnis yang dijalankan baik oleh ANTAM maupun oleh emas dunia. Indonesia sendiri termasuk negara yang konsumtif terhadap emas baik fisik maupun non fisik. 

Sekarang ini sudah banyak orang yang sadar mengenai emas dan juga segala keuntungan serta investasinya. Makannya harga emas yang naik turun benar-benar berpengaruh pada perputaran emas Indonesia dan juga ekonomi secara keseluruhan. Karena rupiah tidak sekuat dollar menyebabkan banyak orang Indonesia sadar bahwa dengan menggunakan emas akan lebih stabil dan juga aman. 
Di Indonesia sendiri ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga emas, hampir sama dengan faktor yang mempengaruhi emas dunia. Hanya saja emas Indonesia memiliki faktor yang lebih sedikit dibandingkan emas dunia, karena emas dunia melibatkan ekonomi yang besar dan berbagai negara.

 Pertama adalah kurs dollar, adanya perubahan dollar ke rupiah atau sebaliknya akan mempengaruhi emas dan juga pembeliannya. Selanjutnya permintaan dan penawaran akan emas. Sehingga jika peminat emas meningkat otomatis emas akan mahal harganya dan terakhir adalah terjadinya inflasi di Indonesia. Mengingat rupiah tidak stabil maka inflasi seringkali terjadi dalam jenis minor. Namun hal ini tetap saja bisa mempengaruhi harga emas Indonesia.
logoblog

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas Dunia, dan Dampak Pada Emas Antam"

Posting Komentar