ads

Faktor Penyebab Harga Emas Naik Turun


Selain menabung, ternyata ada cara lain berinvestasi lain yang menguntungkan, yakni dengan berinvestasi emas. Jika hanya mengandalkan investasi tabungan maka kebutuhan harian tidak  akan tercukupi, karena harga barang-barang yang kian melambung. Untuk investasi emas juga Anda sebaiknya berhati-hati karena harganya yang tidak stabil.
Kenaikan dan penurunan harga emas ini harus Anda antisipasi, jika tidak jeli bukan tidak mungkin justru Anda akan mengalami kerugian. Berikut ini faktor yang menyebabkan harga emas naik turun.
Faktor Penyebab Harga Emas Naik Turun
Nilai Tukar US Dollar
Pada umumnya terdapat hubungan negatif antara harga emas yang tengah berlaku dengan nilai tukar US Dollar. Semakin melemahnya Dollar Amerika maka harga emas akan naik. Akan tetapi jika Dollar Amerika menguat maka harga emas akan turun. Untuk mengantisipasinya sebaiknya Anda rajin mengamati berita tentang perkembangan ekonomi dunia. Apabila terjadi resesi secara global, sebaiknya simpanlah sebatang atau dua batang emas di brankas berkombinasi.
Jumlah Produksi Emas di Dunia
Jumlah produksi emas dunia juga sangat menentukan harga emas yang berlaku. Semakin susahnya emas ditambang maka harganya akan semakin mahal, karena stok emas di pasaran menipis. Terlebih lagi jika permintaan akan emas semakin banyak, maka harganya kian meningkat, karena para penambang emas harus melakukan penggalian yang semakin dalam untuk mendapatkan emas. 
Kenaikan Permintaan Dari Industri Pasar Dunia
Kenaikan harga emas juga dipengaruhi oleh permintaan dari industri perhiasan di dunia. Berdasarkan fakta yang dilansir dari World Gold Council dan The London Bullion Market Association menyebutkan bahwa sebanyak 54 persen permintaan emas berasal dari industri perhiasan yang ada di Amerika Serikat, Tiongkok, dan India. Sedangkan sebanyak 12 persen berasal dari industri peralatan medis dan elektronik. Hal ini menyebabkan naiknya harga emas. 
Untuk berinvestasi sebaiknya Anda tidak membeli emas dalam bentuk perhiasan. Hal ini dikarenakan saat Anda akan menjualnya lagi, emas harus dilebur kembali sehingga membuat harganya turun. Membeli emas dalam bentuk batangan lebih dianjurkan karena tidak seperti perhiasan yang harus dilebur kembali saat dijual.


logoblog

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Faktor Penyebab Harga Emas Naik Turun"

Posting Komentar