ads

Perbedaan Harga Emas Putih dan Emas Kuning

Perbedaan Harga Emas Putih dan Emas Kuning

Emas merupakan salah satu benda bernilai yang memiliki beberapa jenis dan bentuk. Jika bentuk atau wujud masyarakat awam tentu sudah mengenal beberapa seperti halnya emas perhiasan, emas batangan dan koin dinar. Jika membicarakan jenisnya emas terbagi menjadi dua yaitu emas kuning dan juga emas putih.

Meskipun sama-sama emas, beberapa orang lebih memilih warna putih ataupun warna kuning. Biasanya untuk emas putih digunakan sebagai aksesoris atau perhiasan. Sedangkan untuk emas kuning ada yang berbentuk perhiasan, batangan dan juga koin emas.

Bagi investor emas kuning ataupun emas putih sama-sama menguntungkan. Namun ada perbedaan harga emas putih dan emas kuning, ataupun lainnya. Perbedaan ini juga menjadi pertimbangan banyak orang ketika mereka lebih memilih membeli emas putih atau emas kuning

  • Emas Kuning

Sebenarnya jika dibandingkan dengan emas putih harganya masih lebih rendah. Namun, untuk jangka panjang serta minat akan investasi emas jangka panjang maka emas kuning memenangkan bagian tersebut.

Emas kuning merupakan emas yang banyak dan mudah didapat. Anda bisa membelinya dalam bentuk atau jenis apapun. Dibandingkan emas putih, emas kuning lebih mudah tergores karena memang teksturnya yang lebih lunah. Alasan ini membuat emas kuning terkadang harga jualnya tinggi, karena kebutuhan biaya perawatan yang juga tinggi.

Untuk jenis perhiasan, jika menggunakan emas kuning memang sangat cocok bagi anda yang ingin berpenampilan klasik serta mewah. Terutama jika anda menggunakan emas kuning sebagai investasi.
Namun jika kita mengesampingkan harga emas kuning dan biaya tambahannya. 

Selain itu, harga emas kuning yang tidak setinggi emas putih karena emas kuning merupakan emas yang cukup rentan dan tidak bisa digunakan untuk mereka yang alergi. Emas ini memiliki kandungan yang berupa partikel dan bisa menimbulkan alergi jika digunakan di kulit yang sensitif. 

Jangan heran juga jika warnanya tampak seperti pudar karena memang harus dipoles kembali, dan anda harus menambah kocek kembali untuk hal tersebut.

  • Emas Putih

Emas putih mungkin tidak semenarik emas kuning, dimana anda hanya bisa menemukan satu dua toko emas putih dalam sebuah kota kecil dan beberapa toko besar di perkotaan.  Dimana bentuk perhiasan emas putih cenderung cocok untuk anda yang memang ingin menciptakan kesan anggun dan modern. Berbeda dengan emas kuning, emas putih tetap sesuai digunakan oleh orang yang berwarna kulit apa pun karena kilaunya yang tahan lama dan juga tidak berlebihan.

Nyatanya harga emas putih lebih mahal dibandingkan emas kuning karean adanya lapisan rhodium. Lapisan ini membuat emas terlihat lebih bersinar, lapisan ini juga sering ditambahkan pada berlian yang sedang dipoles atau diasah.

Namun lapisan ini bisa hilang sehingga baik emas putih dan emas kuning harus tetap dipoles untuk bisa menampilkan emas yang indah dan berharga tinggi jika anda menjualnya.Meskipun begitu, emas putih biasanya lebih banyak dibuat berbentuk perhiasan saja dibandingkan bentuk lainnya.

Emas putih bisa berharga lebih tinggi dibandingkan emas kuning karena bisa dikatakan lebih kuat. Maka dari itu meskipun emas kuning banyak dipilih untuk investasi namun emas putih lebih kuat dan lebih banyak dipilih untuk dibuat sebagai perhiasan.

Kandungan yang dimliki oleh emas putih agak lebih besar dibandingkan emas kuning, sehingga harganya lebih mahal. Diantaranya yaitu 14 karat, 18 karat atau lainnya. Contohnya, ketika anda membuat perhiasan menggunakan emas putih memakai 75% emas dan dicampur 25% perak. 

Untuk jenis emas kuning sama saja baik takaran maupun campurannya sehingga dalam hal ini tidak menyebabkan perbedaan harga emas putih dan emas kuning jauh. Walaupun banyak perbedaanya banyak termasuk harga jual dan belinya tetapi emas putih dan emas kuning tetap bisa menjadi produk investasi bisa anda pilih. 

Anda bisa menjadikan emas putih atau emas kuning salah satunya sebagai alternatif. Jika anda tidak ingin yang terlalu mahal tentu anda bisa membeli emas kuning. Namun sebaliknya jika anda memiliki uang khusus untuk investasi mengapa tidak membeli emas putih yang lebih bagus dan juga berkualitas.
logoblog

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Perbedaan Harga Emas Putih dan Emas Kuning "

Posting Komentar