ads

ini Perbedaan Harga Emas Antam VS Emas Pegadaian yang harus kamu ketahui

Harga Emas Antam VS Emas Pegadaian

Harga Emas Antam VS Emas Pegadaian


Emas merupakan salah satu alat lindung atau alat tukar yang berharga selain dari uang. Fakta ini sudah ada sejak jaman sejarah, dimana banyak orang menggunakan emas untuk membayar benda berharga.

Sekarang ini emas dibeli menggunakan uang dengan nilai yang lumayan tinggi dan terus naik dari tahun ke tahun.

Membicarakan mengenai persaingan harga, di Indonesia sendiri ada dua lembaga yang sama-sama menyediakan emas murni yaitu ANTAM dan juga Pegadaian. Bukan hanya bersaing mengenai harga emas saja namun ANTAM dan Pegadaian juga bersaing dalam menyediakan emas dan membuka toko di daerah di seluruh Indonesia.

Ada perbedaan besar terkait harga emas dari perusahaan ANTAM serta harga emas dari perusahaan besar lain, contohnya kita ambil saja Pegadaian. Mengapa bisa ada perbedaan ?


1. Harga emas Antam umumnya selalu lebih tinggi dibandingkan emas Pegadaian. 


Penyebabnya sebenarnya ANTAM selalu menjual produksi yang bagus dan baru, sehingga untuk anda yang ingin membeli dengan harga emas murah maka bisa membeli di Pegadaian.

2. Harga emas Antam umumnya lebih murah dibandingkan dengan emas yang di jual di toko biasa. 


Mengapa bisa terjadi hal tersebut ? Hal ini dikarenakan harga emas di toko dikenakan biaya tambahan untuk perawatan dan sejenisnya. Terutama jika emas sudah diubah menjadi perhiasan

3. Harga emas pegadaian hanya dapat di beli dengan cara mencicil sedangkan untuk emas ANTAM anda bisa beli secara tunai. Sehingga harga emas pegadaian terasa lebih murah.


Mengapa harga emas ANTAM lebih tinggi dibandingkan yang lain ? sebenarnya ketika anda membeli emas ANTAM di perusahaan langsung. Anda tidak akan ditawari program apapun, seperti kredit atau tabungan berjangka dan sebagainya. ANTAM hanya menyediakan satu penjualan secara tunai atau cash. Sehingga anda tidak bisa memilih cara pembayaran yang lain.

Selain itu ketika adna membeli emas di ANTAM karena tunai maka tidak akan ada biaya perawatan, biaya administrasi, DP dan sebagainya. Transaksi berjalan langsung dan satu kali saja. Alasan inilah yang mengundang mengapa harga emas di ANTAM lebih mahal. Karena biaya administrasi dikenakan langsung saat anda membeli.

Sedangkan mengapa harga di pegadaian bisa lebih murah ? pertama karena beberapa emas yang dijual merupakan emas sita atau lelang. Misalnya, anda menggadaikan emas ANTAM di pegadaian dan menukarnya dengan uang seharga emas. 

Namun anda tidak bisa mencicil atau membayar bunga setiap bulannya, maka emas tersebut akan diambil oleh pegadaian kemudian dijual atau dilelang kembali. Alasan inilah yang membuat pegadaian menjual lebih murah.

Atau bisa juga, anda membelinya dengan cara kredit. Dimana program kredit pegadaian tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, salah satunya adalah dengan menjual menggunakan harga utama yang lebih rendah dibanding harga emas ANTAM. Namun biaya lebihnya dibebankan pada administrasinya.

Namun anda jangan khawatir mengenai kualitas yang dimiliki di kedua jenis emas tersebut.  Dengan harga tersebut Anda bisa memperoleh keuntungan tersendiri, misalnya anda membeli emas di pegadaian bukan berarti emas anda jelek atau produk tidak berkualitas.

Selama anda membelinya menggunakan uang dan harganya tidak beda jauh dengan harga ANTAM maka anda mendapatkan emas murni asli. Selain itu anda bisa mengeceknya dari surat atau sertifikat yang diberikan ketika melakukan pembelian. Maka anda bisa mendapatkan emas yang terpercaya dan juga berkualitas.

Meskipun harga emas Antam vs emas Pegadaian memang berbeda, namun faktanya emas  semakin naik setiap tahunnya baik harga maupun peminat. Anda yang ingin investor emaspun bisa memilih untuk membeli emas di perusahaan ANTAM langsung ataupun di pegadaian. Meskipun berbeda tempat seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa harga keduanya tidak akan jauh berbeda.

Ataupun anda khawatir misalnya terjadi perbedaan karat, atau perbedaan gram baik antara pegadaian maupun ANTAM. Hal tersebut tidak akan terjadi, anda bisa membeli emas di perusahaan ANTAM dengan harga emas ANTAM langsung dan menjual di pegadaian ataupun sebaliknya, anda bisa membeli di pegadaian dan menjualnya di perusahaan ANTAM.

Baik pegadaian maupun ANTAM sama-sama memiliki poin yang berbeda untuk menambah dana pembelian atau harga emas ANTAM tersebut.


gimana cara mebeli emas Antam di bank syariah ?

logoblog

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "ini Perbedaan Harga Emas Antam VS Emas Pegadaian yang harus kamu ketahui"

Posting Komentar