ads

Perbandingan Antara Harga Logam Mulia Antam vs Harga Logam Mulia UBS


Sebagai seseorang yang bersiap dan mau melakukan investasi apakah anda tahu ada beberapa jenis emas yang ada khususnya di Indonesia ? Investasi merupakan cara banyak orang untuk menyimpan dan melindungi kekayaannya. Namun sebagian juga sengaja menggandakan keuntungan dan kekayaan mereka dengan menggunakan emas.


Investasi emas sendiri memang sudah lama dinilai menguntungkan, bukan hanya masyarakat sekarang saja namun mereka yang hidup sejak dulu sudah tahu bahwa emas merupakan salah satu alat tukar yang berharga (setara dengan uang) bahkan bisa lebih mahal. Mahalnya harga emas bisa disebabkan banyak faktor mulai dari kelangkaan, minat, penggunaannya untuk perhiasan dan lain sebagainya. 

Membicarakan mengenai perbedaan, ada perbedaan mengenai Emas yang ada di Indonesia yakni emas Antam dan emas UBS. Ada beberapa perbedaan yang bisa anda lihat, diantaranya adalah :

Aspek
Antam
UBS
Kadar emas
99,99%
99,99%
Sertifikat
Ada
Ada
Segel
Sertifikat berbentuk kartu di dalam plastik
Sertifikat berbentuk kartu plastik dan lebih tahan lama
Dibuat oleh
PT Antam (BUMN)
PT UBS (Swasta)
Dimensi (untuk berat yang sama)
Sedikit lebih kecil
Lebih lebar
Ketersediaan
Pesan dalam waktu 1 bulan (kecuali stok yang ada)
Pesan dalam waktu singkat (kecuali stok yang ada)
Likuiditas
Harga jual tinggi
Harga jual tinggi
Produk
1, 2, 5, 10, 25, 50, 100, 250, 1000 (gram)
1, 2, 3, 10, 25, 50, 100 (gram)
Penyimpanan
Dapat ditumpuk tetapi kurang rapi
Dapat ditumpuk dengan rapi sehingga efisien dalam penyimpanan
Jangkauan pasar
Nasional
Terbatas, sementara hanya wilayah Jakarta dan Surabaya saja.


Faktor Mempengaruhi :

Untuk kasus harga baik Harga logam mulia Antam atau Harga logam mulia UBS ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Diantaranya adalah :

       1.       Perubahan kurs Dolar AS

AS memang menjadi negara yang cukup berpengaruh dan bisa mengendalikan negara lainnya mengingat AS memang negara adidaya. Hal ini juga berlaku karena AS menggunakan dollar, dimana dollar sendiri merupakan tombak atau hal utama dalam menentukan berbagai perjalanan ekonomi dunia dan termasuk Indonesia. Apabila kurs Dolar naik maka hal tersebut akan menekan Harga logam mulia Antam ataupun Harga logam mulia UBS.

Namun apabila kurs Dolar AS melemah, maka hal tersebut mampu mendorong naiknya Harga logam mulia Antam atau Harga logam mulia UBS. Terutama jika dollar AS memang benar-benar turun peminat banyak orang yang menjadikan Harga logam mulia Antam atau Harga logam mulia UBS tinggi.
      
      2.       Suku Bunga

Suku bungan merupakan hal yang dibutuhkan ketika anda melakukan investasi seperti deposito atau program bank, lalu bagaimana dengan Harga logam mulia Antam atau Harga logam mulia UBS ? maka jawabannya juga membutuhkan. 

Harga yang terus berubah setiap hari disebabkan oleh banyak hal.. Apabila tingkat suku bunga sedang naik maka akan berimbas pada turunnya minat membeli emas. Sedangkan jika sedang turun maka banyak orang yang berminat pada pembelian emas, dan hal ini bisa mempengaruhi harga logam mulia untuk ikut naik.

      3.       Permintaan Pasar

Faktor lain yang turut mempengaruhi harga emas adalah kebutuhan emas di masyarakat yang cenderung musiman atau bisa disebut sebagai permintaan pasar. Sebenarnya permintaan pasar ini sama atau setara dengan yang dijelaskan pada suku bunga tadi, namun kejadiannya bisa lebih beragam.

Harga emas biasanya meningkat di Indonesia jika nata ataupun lebaran. Namun efek permintaan pasar dunia juga mempengaruhi Harga logam mulia Antam atau Harga logam mulia UBS. Demikian pula saat Tahun Baru Cina, dimana permintaan emas sedang meningkat. Sementara itu untuk di negara lain layaknya Arab harga emas menurun pada bulan Ramadhan.

Harga logam mulia Antam ataupun Harga logam mulia UBS yang memang selalu naik membuat investasi emas semakin digilai banyak investor. Nah karena hal inilah menjadikan banyak orang memilih emas logam mulia khususnya emas. 

Karena dari segi kualitas sebenarnya tidak berbeda, jika brand atau sebutan ANTAM dan UBS hanyalah nama dari perusahaan dan BUMN yang bersaing dalam dunia bisnis saja. Semua kembali pada kepercayaan anda memilih.

logoblog

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Perbandingan Antara Harga Logam Mulia Antam vs Harga Logam Mulia UBS"

Posting Komentar