ads

Bagaimana Cara Membeli Emas Antam di Bank Syariah ? Berikut Tahapannya


Emas ANTAM merupakan salah satu emas yang menarik perhatian banyak pihak, terutama para investor emas. Tak hanya mereka yang memang investasi namun masyarakat awampun cukup banyak membeli emas dengan produksi ANTAM.

Selain aman, emas jenis ini juga terpercaya dan mudah digunakan sebagai transaksi, misalnya jual dan beli di tempat manapun. Termasuk di lembaga keuangan besar seperti halnya bank. Namun beberapa orang beranggapan bahwa membeli emas ANTAM di bank konvensional tidak sesuai dengan syariah khususnya yang beragama Islam.

Mengingat agama Islam juga memiliki peraturan sendiri terkait pengaturan transaksi ekonomi dan juga pembelian barang berharga seperti emas. Peraturan ini hadir karena memang emas sudah menjadi alat tukar dan nilai yang berharga sejak jaman sejarah dulu.

Apabila anda sudah benar-benar tertarik membeli emas ANTAM di bank syariah maka anda harus melengkapi beberapa persyaratan yang ada, karena dengan data ini bank ataupun anda tidak akan merasa dirugikan dan berada pada pihak dengan hak dan kewajiban yang jelas. Apa saja ?
Wajib memiliki status warga negara Indonesia
 Umur minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun
Melampirkan KTP
 Memiliki rekening di bank terkait
Beberapa bank meminta data fotocopy KK
 Beberapa bank menargetkan minimal pembelian emas antam

Jika anda sudah melengkapi datanya, pertama pilihlah bank syariah yang menyediakan program jual beli emas ANTAM. Jika anda sudah memiliki dan memilih maka anda tinggal mendatangi bank tersebut dan bertemu customer service disana, anda tinggal menyebutkan bahwa anda ingin membeli emas ANTAM di bank syariah tersebut.

Setelah itu, anda akan ditanyakan kelengkapan data begitupun dengan list harga yang ada pada bank tersebut. Anda perlu ingat bahwa akan ada beberapa biaya yang harus anda bayar diluar dari harga emas ANTAMnya sendiri. Mengingat bank merupakan tempat atau media dari perusahaan ANTAM ke pelanggan sehingga ada biaya jasa yang harus anda penuhi.

Selain itu, ada biaya administrasi, membayar biaya materai dan juga asuransi sehingga ketika terjadi hal yang tidak diinginkan dan juga kejadian yang bukan human error atau kesalahan anda maka anda bisa mendapatkan ganti atau setidaknya mengurus kerugian yang anda alami.

Bisa jadi ketika membeli emas ANTAM di bank syariah produk cacat dan sejenisnya, maka anda bisa menukar dan “mengklaim-nya”.

Keuntungan Membeli Emas ANTAM di Bank Syariah,Setiap program pasti memiliki keuntungan dan juga kelebihan, dimana bank syariah sendiri memiliki program beli emas ANTAM yang bisa menghadirkan keuntungan tersendiri untuk anda. Pertama, jika anda melakukan pembelian di bank syariah maka anda yang menginginkan adanya akad atau perjanjian dan peraturan beli emas ANTAM secara Islam sangat mungkin dilakukan.

Terkadang beberapa umat muslim menghindari transaksi konvensional karena dianggap memaksa dan merugikan sehingga haram. Namun selain menuruti peraturan yang ada pada hukum dagang Islam, anda yang membeli di bank dianggap lebih aman dan juga lebih dipercaya.

Mengapa ? karena barang atau produk khususnya yang berharga seperti emas ANTAM tentu tidak akan sembarangan masuk atau ada di bank tanpa melewati proses seleksi dan pembelian yang ketat. Selain itu, jika ditinjau dari data bank memiliki ketelitian data yang tinggi dan cukup rumit. Sehingga kecil kemungkinan ada kesalahan.

Sebenarnya anda bisa saja anda membeli emas langsung di perusahaan ANTAM, tetapi sebagian orang tentu harus mengerahkan tenaga dan waktunya jika harus pergi ke perusahaan ANTAM. Mengingat perusahaan ANTAM terletak di Jakarta saja, lalu bagaimana yang berada di luar daerah ? Nah membeli emas ANTAM di bank syariah tentu akan lebih memudahkan.

Bagi anda yang ingin membeli emas jenis ANTAM di bank namun terkendala dengan peraturannya maka anda bisa berpindah ke bank syariah. Dimana bank syariah memiliki program yang sesuai dengan syariat Islam, baik pembayaran, uang jasa bahkan hingga akad dan sebagainya.

Perusahaan ANTAM sendiri sangat terbantu dengan adanya bank syariah yang menambah kerja sama untuk melakukan jual beli emas.

apa keuntungan investasi emas di pegadaian ?

logoblog

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bagaimana Cara Membeli Emas Antam di Bank Syariah ? Berikut Tahapannya"

Posting Komentar