ads

Cara Membeli Emas di Pegadaian, Ternyata Mudah!

cara beli emas di pegadaian
Emas merupakan salah satu logam mulia berharga yang populer sebagai alat tukar sejak jaman dahulu sampai saat ini. Banyak orang yang tertarik untuk mengoleksi emas dan juga membeli emas, baik berbentuk batangan, perhiasan ataupun koin dinar. 

Membeli emas di pegadaian tergolong aman dan terpercaya. Dimana Emas sendiri memiliki kadar yang berbeda dan juga kemurnian yang berbeda. Untuk emas yang paling mahal dan dianggap murni tentu dengan kadar 99,99% dan karat sebesar 24 karat.

Membicarakan mengenai emas, anda bisa membelinya di berbagai pihak. Namun untuk menghindari adanya penipuan ataupun pemalsuan kadar dan karat emas anda sebaiknya membeli di pihak-pihak yang sudah terpercaya menjadi pengelola ataupun pedagang emas. Di Indonesia sendiri anda bisa membelinya di toko ANTAM ataupun membeli emas di pegadaian.

Untuk pembelian di toko ANTAM, mungkin anda yang berada jauh dari Jakarta agak kesulitan. Mengingat toko ANTAM hanya ada di area Jakarta saja. Namun jangan khawatir, anda bisa berbelok membeli emas di pegadaian. Hanya saja ada beberapa poin atau ada cara membeli emas di pegadaian yang harus anda perhatikan jika ingin membeli emas di pegadaian. 

Apa itu Pegadaian ?

Pegadaian merupakan suatu badan yang melaksanakan kegiatan khususnya kegiatan keuangan dalam hal gadai. Dimana lembaga resmi yang mempunyai izin ini memiliki dasar hukum dan sudah disahkan oleh pemerintah dan anda bisa membeli emas di pegadaian.

Cara membeli emas di pegadaian yaitu, jika anda membutuhkan uang maka anda bisa datang ke pegadaian dan membawa barang yang dianggap berharga dan bernilai misalnya kendaraan, alat elektronik yang masih baik dan masih berharga, surat-surat atau dokumen bernilai serta emas atau perhiasan. 

Nantinya jika anda lulus tahapan seleksi baik dilihat dari berkas, kelayakan barang, dan sejenisnya maka anda diperbolehkan meminjam uang seharga barang yang anda titipkan atau gadaikan. 

Cara membeli emas di pegadaian jika menggunakan surat rumah atau sertifikat tanah maka uang yang bisa anda pinjam besar. Namun jika hanya perhiasan 1 gram tentu anda tidak bisa meminjam sampai jutaan.

Emas di Pegadaian, Beli atau Gadai ?
Membeli emas di pegadaian sebenarnya mudah. Di pegadaian sendiri terkadang orang tidak bisa membayar kembali pinjamannya sehingga barang berharga yang mereka miliki akhirnya diberikan dan dilelang. Nah untuk anda yang menggadaikan tentu saja mudah. Anda tinggal membawa emas serta surat-suratnya dan nanti anda akan mendapatkan uangnya. 

Banyak emas milik masyarakat yang tidak diambil kembali yang akhirnya di lelang atau dijual oleh pegadaian. Berikut ini cara membeli emas di pegadaian yang tepat dan mudah : 

1. Anda bisa menemui petugas loket khusus untuk logam mulia. Biasanya di pegadaian ada beberapa loket dan anda pilih untuk logam mulia dan loket khusus membeli emas di pegadaian

2. Anda bisa menanyakan dulu atau biasanya petugas akan memberikan harga dasar. Harga ini merupakan harga atau nominal yang akan anda bayar ketika membeli emas khususnya emas batangan.

3. Kemudian biasanya pegadaian menawarkan akan memilih emas ANTAM atau UBS. Perbedaannya adalah emas ANTAM dari pemerintah sedangkan UBS merupakan emas dari perusahaan swasta terpercaya. 

4. Jika anda membeli perhiasan maka ada beberapa jenis mulai dari karat dan kadarnya serta sejenisnya.

5. Setelah itu jika anda setuju dengan nominalnya maka anda akan ditunjukan emasnya dan akan menerima kuitansi sebagai tanda bukti membeli emas di pegadaian.

6. Anda juga akan diminta untuk memperlihatkan KTP yang masih aktif dan juga asli serta fotokopi KTP untuk bisa membeli emas di pegadaian.

7. Setelah itu, jika data sudah masuk maka anda bisa menandatangani kuitansi dan menerima surat-surat emas yang ada untuk bisa 

8. Surat tersebutlah yang menjadi bukti otentik emas anda asli atau tidak dan juga berharga atau tidak.

9. Bukti kuitansi asli akan anda pegang dan tembusan kuitansi menjadi bukti untuk pegadaian

10. Pembelian selesai.

11. Sistem pembelian dilakukan dengan tahapan dan cara yang sama untuk emas jenis lainnya

Bunga, Biaya dan Jenis Pembiayaannya

cara membeli emas di pegadaian tentu akan berbeda dengan membeli emas di ANTAM. Karena pegadaian memiliki beberapa program anda bisa memilih yang mana yang ingin anda gunakan. Berbeda dengan ANTAM yang hanya menyajikan jual beli dan menggunakan sistem cash. cara membeli emas di pegadaian  menyediakan sistem kredit. 

Selain itu anda juga bisa membeli emas dengan sistem sharing modal dengan beberapa orang dan juga bentuk arisan untuk anda yang merasa terlalu berat. Untuk membeli emas di pegadaian jika anda memilih jalur menggunakan kredit maka pembayaran awal harus dibayarkan 25% dari harga total emas saat itu, selain itu membayar angsuran dalam jangka 3 - 36 bulan saja. 

Jika menggunakan sistem cash untuk membeli emas di pegadaian anda bisa membawa pulang langsung fisik emasnya namun jika menggunakan kredit anda hanya menerima suratnya saja dan fisik emas bisa diambil setelah pelunasan terjadi.

Untuk membeli emas di pegadaian tidak sesuai dengan harga mentah, karena akan diterima harga tambahan atau biasa disebut LM. Dimana sesuai yang ditetapkan oleh PT ANTAM pembelian akan ditambah margin 3%. 

Misalnya saja jika anda mmebeli 1 keping Logam Mulia dengan berat 10 gram maka harga yang harus dibayar 4.500.000 (anggap 10 gram emas seharga tersebut) + (3% X 4.500.000) = 4.635.000.
Untuk pembelian kredit maka akan ada biaya tambahan lainnya dan juga membayarkan DP. Sehingga perumusannya adalah harga dasar + margin + administrasi + by distribusi. 

Contoh dari cara membeli emas di pegadaian dan perhitungannya :

Jika anda membeli LM dengan berat 10 gram seharga 4.500.000 maka anda harus membayar uang muka 25% dan marginnya sebesar 6%. Berarti perhitungannya adalah :

Harga dasar + Margin 6% = 4.500.000 + 270.000 = 4.770.000
Setelah itu, DP yaitu : 25% x 4.770.000 + Administrasi (50.000) + biaya distribusi 15.000 =
Total UM = 1.257.500
Sedangkan untuk perhitungan angsurannya adalah 
Harga penjualan - uang muka(DP) dibagi jangka waktu angsurannya. 
Misalnya : 4.770.000 - 1.257.500/ 3 bulan = 1.170.850

Kelebihan dan Kerugiannya beli emas di pegadaian

cara membeli emas di pegadaian  sudah dibahas, maka selanjutnya adalah mengetahui bagaimana memulai atau mencoba untuk berinvestasi emas dengan membelinya di pegadaian sekarang ini anda wajib mengetahui kelemahan serta kelebihan membeli emas di pegadaian. Diantaranya adalah : 

Jika anda memiliki dana yang terbatas atau sedikit namun anda tetap bertekat menabung, Membeli emas di pegadaian menjadi tempat yang tepat untuk membantu anda. Tidak seperti ANTAM yang mengharuskan pembelian secara besar-besaran dengan harga cash. Pegadaian meringankan anda dengan berbagai programnya. Sehingga anda tidak perlu khawatir untuk mencoba walaupun dana anda terbatas.

Selanjutnya adalah jaminan. Dimana ketika anda sedang membeli emas di pegadaian dan melakukan kredit emas namun tiba-tiba anda membutuhkan uang dengan totalan yang sama dengan emas tersebut anda justru bisa mendapatkan uang pinjaman dari pegadaian. Hanya saja jumlah uang hanya sebesar total cicilan yang sudah anda bayar tidak bisa lebih. Setelah itu pegadaian akan memberikan sisa angsuran.

Kelebihan lainnya adalah tempat, terutama untuk anda yang tidak memiliki tempat menyimpan emas dengan aman anda bisa menggunakan pegadaian. Apalagi untuk anda yang masih kredit, karena emas anda masih ditahan sampai lunas. Sehingga keamanan terjamin dan juga aman jika and membeli emas di pegadaian.

Sedangkan untuk kekurangannya beli emas di pegadaian adalah :

Biaya tambahan menjadi kendala mengapa banyak orang tidak membeli emas di pegadaian. Karena terkadang biaya tambahannya jika dihitung cukup menyita dan juga menguras kantong. Jika memang anda memiliki uang tunai besar baiknya membeli cash dan jika ingin lancar dan benar-benar harga murni beli di ANTAM.

Adanya resiko fluktuasi menyebabkan membeli emas di pegadaian menjadi rugi. Harga emas bisa saja naik dan turun tergantung banyak faktor yang mempengaruhi. Anda bisa mengalami kerugian untuk membeli emas dengan sistem kredit. Apalagi ketika harga emas tinggi namun harganya turun ketika cicilan sedang lunas. 

cara membeli emas di pegadaian memang mudah, namun emas bisa saja ditahan merupakan kejadian umum di pegadaian. Mereka menggunakan sistem dimana sistem tidak memiliki perasaan, jika emas anda telat dibayarkan kreditannya maka emas anda akan langsung ditahan bahkan dijual kembali dan dilelang. Fungsi dana cadangan emas ketika emas tersebut hilang juga bisa menjadi salah satu kerugiannya.

Dilihat dari kelemahan dan kelebihannya anda mungkin bisa menimang apakah membeli emas di pegadaian bisa menguntungkan. Atau justru sebaliknya yang ternyata pegadaian menurut anda merugikan dan agak sulit untuk membeli emas di pegadaian.

Sehingga membeli logam mulia di tempat lain atau di ANTAM lebih meyakinkan dan aman. Semua kembali ke kebutuhan masing-masing. Namun untuk anda yang tinggal di daerah dan jauh dari ibukota Jakarta rasanya akan leb menurut anda merugikan dan agak sulit untuk membeli logam mulia.

Sehingga membeli emas di pegadaian atau tempat lain atau di ANTAM lebih meyakinkan dan aman. Semua kembali ke kebutuhan masing-masing. Namun untuk anda yang tinggal di daerah dan jauh dari ibukota Jakarta rasanya akan lebih cocok untuk membeli di pegadaian saja.

awas banyak penipuan berkedok investasi emas !

logoblog

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membeli Emas di Pegadaian, Ternyata Mudah!"

Posting Komentar