ads

Cara Memulai Investasi Emas Batangan Untuk Pemula


Investasi merupakan salah satu hal yang cukup menarik masyarakat Indonesia sekarang ini. Banyak masyarakat yang sadar, bahwa simpanan dana di masa selanjutnya sangat penting dan juga banyak diutamakan.

Jika membicarakan investasi sendiri maka ada banyak jenis investasi yang dimaksud, seperti halnya investasi saham, forex, ataupun berbentuk barang layaknya investasi tanah, surat menyurat yang penting dan juga emas. 

Semuanya tergantung selera dan kebutuhan serta pembelajaran masing-masing orang yang melakukan investasi.

Investasi Emas

Salah satu logam mulia yang seringkali dipilih oleh mereka yang melakukan investasi adalah emas. Dimana, emas dianggap sebagai investasi yang menguntungkan, walaupun jenis lainnya menguntungkan namun investasi emas tetap menjadi pilihan banyak kalangan.

Mengapa bisa demikian ? 

jelas saja dimana emas menjadi barang yang harganya cenderung terus naik tiap tahunnya. Emas juga tidak terlalu terpengaruh pada harga pasar ataupun permasalahan dunia, selain itu emas jarang terjadi penurunan secara signifikan. 

Semakin terbatasnya jumlah sumber daya alam penghasil emas menjadi alasan dibalik harga emas yang semakin tinggi.

Sebenarnya investasi emas sudah banyak dilakukan oleh orang jaman dahulu. 

Dimana banyak orang jaman dahulu memutuskan mengkonversi harta mereka kedalam emas namun, bentuknya atau wujudnya berupa perhiasan dan jarang berupa emas batangan.

Kenaikan atau pun penurunan harga emas sudah tak terlalu berdampak lagi pada antusiasme masyarakat saat ini, tak jarang malah terjadi kelangkaan stok emas batangan Antam, bahkan banyak orang yang sulit mencari harga emas batangan yang cocok dengan kantong mereka mengingat emas batangan lumayan sulit, ketika sekalinya ada sudah jelas harganya melambung.

Sebenarnya investasi emas merupakan pilihan yang cocok untuk anda yang memang malas menghadapi hal-hal yang menyulitkan dalam investasi. 

Terutama untuk anda yang tidak mau belajar terlalu jauh mengenai investasi rumit seperti halnya pada saham. Anda harus benar-benar memantau bagaimana pergerakan investasi setiap harinya.

Cara Memulai Investasi Emas Batangan

Memulai bukanlah hal yang mudah akan ada banyak godaan yang datang ketika anda ingin memulai investasi. Mulai dari rasa takut, salah memilih, tantangan, kesulitan dan dan sebagainya. 

Apalagi jika anda memulai investasi dari nol, hal ini dimaksud anda benar-benar memulai investasi dari sebuah titik ketika anda tidak memiliki uang.

Nah berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda tiru ketika anda ingin memulai investasi emas batangan. Seperti yang kita ketahui emas batangan bisa mendatangkan keuntungan yang besar, 

namun juga modal yang cukup besar. Biasanya investor bingung harus melakukan apa, nah berikut ini cara-caranya :
·       
          Latihlah diri sendiri untuk membeli emas

Ketika anda menjadi investor pemula maka akan sulit memulai atau sulit mengetahui bahwa investasi adalah hal yang berat dan juga rumit. Namun berbeda dengan investasi emas karena anda bisa memulai dengan hal kecil ataupun hal yang mudah untuk dimulai.

Investasi emas sebenarnya mudah, asal anda mau memulainya. Ketika anda baru mendapatkan gaji di awal bulan mulailah untuk bisa menysihkan uang yang dimiliki untuk membeli emas meskipun tidak besar. Perlu diingat investasi bukan soal emasnya namun soal niatnya.

Uang tersebut bisa ditabung untuk dibelikan emas meskipun baru 1 ataupun 2 gram sebulan ataupun setiap 2 bulan. Cobalah untuk menghilangkan pemikiran bahwa anda harus membeli emas dalam jumlah yang besar jika ingin memulai investasi.

Karena dengan “mengoleksi” emas dengan gram yang lebih kecil dan rutin anda tentu akan membuat dana anda berputar terus menerus. Sehingga anda juga cepat mendapatkan keuntungan meskipun tidak banyak. Ingat saja bahwa anda memang memiliki hal utama yaitu niat dan meskipun sedikit demi sediki.

Ada hal yang sebenarnya harus anda ingat, yaitu anda bisa saja mengalami hal darurat yang mengharuskan anda menggunakan uang besar dan juga menggunakan uang yang banyak. Nah dengan emas kecil anda bisa menggunakannya, selain itu jika gaji anda berlebihan anda bisa saja tidak hidup selama sebulan hanya karena investasi.

CEO dan Co-Founder dari Tamasia, Muhammad Assad mengatakan, “Latih diri kita untuk menyisihkan berapapun uang kita, untuk menabung dan membeli emas. Emas itu adalah bentuk investasi yang akan selalu naik, karena track record-nya memang cenderung naik dari tahun ke tahun.”
·       
           Pantau harga emas secara berkala

Meskipun niatnya melakukan investasi sayangnya banyak orang yang tidak mau memantau atau mengikuti seperti apa investasi emas itu jalan. 

Masyarakat tidak pernah mengikuti sebuah nilai ataupun perjalanan emas, dimana siklus emas berbeda dengan hal lainnya.

Siklus emas berbeda dengan jenis investasi lain, karena emas memang cenderung mengalami kenaikan dan jarang sekali mengalami kekurangan. 

Namun anda tetap harus mengalami pemantauan siklus emas mengingat anda tidak mau kan membeli emas batangan ketika harga sedang tinggi dan melambung ?

Bagi generasi yang terdahulu ketika mereka bertransaksi membeli emas di toko secara konvensional maka akan merasa lebih yakin dan mungkin tidak memastikan terlebih dahulu nilai emas di pasaran. Padahal bisa saja selisih harga cukup jauh dan lumayan merugikan untuk anda sebagai objek pembelinya.

Namun jika kita melirik jual beli emas yang berbasis aplikasi digital anda bisa membaca grafik yang ada sehingga bisa mendapatkan waktu yang tepat sekaligus strategis. Dimana dengan keuntungan yang lebih anda juga bisa memantau harga pasaran yang ada dan lebih yakin untuk membelinya. 

Pemantauan bisa menjadi strategi yang ampuh dan tepat.  

Namun sangat berbeda dengan jual beli yang terjadi dengan menggunakan cara yang konvensional. 

Teknologi sekarang juga merubah tren sebuah pembelian masyarakat, dimana Megatren ini disebut mendigitalkan ekonomi. 

Dimulai dari masyarakat yang berhasil memunculkan inovasi dan berhasil menemukan strategi dengan tembusan keuntungan namun juga mengurangi resiko.  
·       
          Lakukan transaksi jual beli emas di tempat yang terpercaya

Jika membicarakan mengenai terpercaya, maka metode ini sangatlah penting untuk para pemula. Karena para pemula masih belum tahu tips dan trik untuk menghindari hal-hal yang berpoensi merugikan atau berpotensi untuk menipu anda.

Seperti halnya metode jual beli emas secara konvensional, anda tentu harus membawa sejumlah uang tunai untuk membeli emas ke sebuah toko. 

Dan jika anda tidak membayarkannya saat itu juga maka khawatir akan ada kasus kriminal dimana uang anda dirampok atau bermasalah.

Namun ketika anda membeli saat itu juga dengan menggunakan metode ini, banyak kasus dan cerita-cerita dimana penjual emas kerap mengelabui para pembeli dan mengatakan bahwa emas batangan tersebut murni.

 Maka ada banyak hal yang harus anda pelajari sebagai pemula.

Sebenarnya kunci terbesar dari sebuah permasalahan ini adalah ketelitian. Dimana jika anda tidak teliti, penjual-penjual "nakal" ini seringkali memalsukan dan mengurangi kadar dari emas yang telah anda beli. 

Dengan begitu, uang yang kita beli tidak akan sama dengan emas yang sudah anda beli. Mereka bisa menilai mana investor atau pembeli yang pemula mana yang sudah kawakan.

Alih-alih berinvestasi dan mendapatkan keuntungan jika anda terlibat dalam kasus seperti ini yang ada anda malah mendapatkan kerugian. Maka dari itu, perlu bagi calon pembeli emas untuk melihat tempat yang terpercaya baik dari kualitas, tempat, surat menyurat dan lain sebagainya. 

Anda bisa menanyakan pada para investor besar yang memang sudah memiliki tempat terpercaya. Atau umumnya Antam sebagai perusahaan negara cukup terpercaya.
·       
          Teknik Investasi Emas

Teknik merupakan hal utama yang harus anda lakukan atau anda siapkan. Mengingat teknik investasi pasti asing bagi para pemula, khususnya anda akan bermain pada emas batangan yang memiliki nilai beli sangat tinggi.

Dalam pembelajaran investasi ada beberapa teknik yang mungkin bisa anda kenali. Sebenanrya beberapa teknik sudah tidak digunakan mengingat ada beberapa yang justru menyebabkan kerugian atau membuat banyak investor kehilangan modal. 

Namun anda mempelajari teknik ini bukan untuk diaplikasikan melainkan untuk dipelajari agar tidak menggunakan dan tidak terjebak. 

Simak beberapa ulasannya berikut ini :

1. Teknik Investasi Emas Klasik 

Teknik pertama dalam berinvestasi emas khususnya emas Antam, yaitu agar emas bisa menguntungkan untuk para pemula. Anda baiknya menerapkan teknik investasi emas klasik. Disebut klasik karena memang teknik ini cukup terkenal untuk bisa menjelaskan seperti apa dan bagaimana investasi bisa berjalan.

Menerapkan teknik investasi emas klasik  yang dimaksud yaitu membeli emas disaat harga cukup murah, meskipun emas tidak pernah jatuh harganya atau mungkin selisihnya tidak jauh namun anda tetap bisa memperoleh keuntungan. Serta anda bisa menjualnya kalau sudah naik dan selisih jualnya cukup banyak.

Teknik umum ini sebenarnya sering dilakukan oleh para orang tua jaman dulu, karena teknik ini bisa ditalar menggunakan logika dan dilakukan dengan mudah. Cara teknik klasik ini juga terbukti cukup efektif jika dilakukan dalam waktu tepat dan dalam masa yang lama. Untuk mencapai keuntungan besar, lakukan minimal 3 tahun .

2. Membuat Tabungan Emas 

Membuat tabungan emas mungkin sempat terpikir oleh para pemula, mengingat tabungan merupakan hal sederhana yang dilakukan banyak orang terutama anda yang menjadi investor emas.

Dengan cara membuat emas sebagai tabungan dan asuransi, maka anda bisa membuat keuntungan dengan investasi emas khususnya emas batangan. Menabung emas disini maksudnya adalah anda menabung namun bukan uang, melainkan emas batangannya. Sehingga jika anda menggunakan uang maka dianggap tidak berguna ataupun hangus.

Contohnya saja, anda memutuskan untuk menabung 2 gram emas setiap bulannya. Saat tabungan ini sudah terkumpul barulah anda konversikan menjadi alat atau kebutuhan yang ada. Contohnya mobil, rumah, asuransi pendidikan anak, tanah dan sebagainya. Apalagi jika anda menjual emas dan mencairkan menjadi uang ketika emas batangan sedang tinggi.

Biasanya beberapa investasi menyebabkan anda terkena inflasi, namun untuk emas batangan kita tidak akan mengenal inflasi. Jadi tabungan kita akan tetap utuh walaupun cenderung meningkatkan inflasi pada produk yang akan datang. 

Selain itu menabung emas akan lebih cepat menguntungkan, mengingat harga emas biasanya tidak bulat. Misalnya saja 526 ribu atau 657 ribu.

3. Investasi Emas Dijadikan Modal Usaha

Memang investasi emas batangan menguntungkan, namun anda juga tetap harus memutar dana yang ada agar bisa menguntungkan dan tidak mengurangi pendapatan anda. Biasanya untuk para pemula, memang hal ini tidak pernah terpikirkan atau tergambarkan.

Strategi ini cukup sering dijalankan dengan sistem gadai, contohnya anda memiliki emas 100 gram. Maka untuk meningkatkan nilai emas, anda bisa menggadaikannya kemudian uang hasil gadai bisa dijadikan modal usaha dan juga bisnis. Bisa dibilang ini teknik memutar uang.

Apabila anda memang menjadikan uang hasil gadai dijadikan modal usaha dan bisnis, dan benar-benar bisa menjalankan teknik ini. Anda tentu harus paham bahwa sistem ini memiliki kelemahan tersendiri, dimana ketika anda bangkrut maka anda akan mendapatkan masalah layaknya emas berkurang atau mengalami kerugian.

4. Teknik Kebun Emas 

Teknik kebun emas memang menjadi nama yang unik untuk sebuah investasi dan mungkin para pemula. Untuk teknik kebun emas, memang sempat booming di tahun 2010-an. Dimana banyak orang yang menggunakan sistem ini, namun semakin lama konsep investasi ini perlahan ditinggalkan karena dirasa sudah tidak cocok lagi.

Teknik kebun emas yang ada di pegadaian apabila dihitung-hitung, biayanya cukup tinggi dan tidak balik modal kalau harga emas 'terjun bebas' seperti di tahun 2013 lalu. Sehingga banyak investor yang mengalami kerugian besar. Untuk pemula, anda cukup tahu saja investasi kebun emas namun jangan mengikuti tekniknya.

Sebenarnya masih ada satu dua orang yang tetap menggunakan teknik ini. Entah karena terbiasa atau mungkin sudah tahu kelemahan dan kelebihannya. Namun untuk teknik kebun emas akan sulit dipelajari para pemula khususnya emas batangan.

 5. Investasi Emas Sistem Forex Trading  

Pasar forex sedang mengalami naik daun di berbagai negara. Dimana cara berinvestasi emas Antam yang menguntungkan untuk anda sebagai pemula, yaitu menggunakan sistem Forex Trading.  Forex merupakan singkatan dari foreing exchange atau pertukaran mata uang asing.

Emas yang sudah anda miliki bisa anda gadaikan dan dijadikan modal trading. Namun untuk anda yang tidak suka dengan risiko ataupun mudah tertipu maka lebih baik menghindari teknik ini. Karena forex terkenal akan istilah high risk high return, jika anda tidak bisa menanganinya akan hilang besar-besaran.

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas Batangan

Sebagai pemula yang akan memulai investasi, maka anda harus tahu apa saja kelebihan dan kekurangan dari investasi emas batangan. Dimana banyak orang mencoba menghindari resiko dan keuntungan yang besar. Sayangnya dalam investasi resiko besar sejalan dengan keuntungan yang tinggi.

Namun, banyak yang berpendapat jika emas batangan lebih cocok dipakai sebagai simpanan masa depan dibandingkan bentuk emas perhiasan. Walaupun begitu anda bisa melihat terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari emas batangan sehingga anda tidak gegabah dalam mengambil keputusan. Berikut ini adalah kelebihan menyimpan emas batangan:

1). Harga Beli cenderung lebih tinggi

Perlu anda ingat bahwa emas perhiasan memiliki banyak sekali gerai dan jenis. Jika dibandingkan dengan perhiasan, emas batangan tentu memilikii nilai jual yang lebih tinggi bahkan sangat tinggi dibandingkan emas perhiasan.

Alasannya besarnya adalah, karena emas batangan tidak memerlukan biaya desain seperti yang dijumpai pada perhiasan. Selama ini emas perhiasan menurun harganya karena anda harus membayar jasa perawatan, pembentukan desain dan tambahan embel-embel lainnya.

2). Lebih akurat

Gram untuk emas batangan nyatanya lebih aman dan juga lebih objektif.Mengingat bentuknya saja yang kotak dan berbentuk batang menjadikan perhitungan gram lebih akurat. Jika menggunakan emas perhiasan seringkali embel-embel hiasan ataupun lainnya mengurangi bobot yang seharusnya bisa jadi dalam sebuah emas.

Misalnya saja emas cair yang berbentuk kotak tentu tidak akan terbuang dengan emas yang harus dipahat terlebih dahulu dan dibentuk agar sesuai dengan desain emas perhiasan. Emas batangan juga cocok untuk anda yang tidak ingin ribet atau kerepotan dalam mengurus investasi.

3). Banyak Palsu
Untuk emas batangan anda tentu memilih perusahaan Antam untuk membeli emas batangan yang aman dan akurat, lantas bagaimana dengan emas perhiasan ? anda tentu tahu banyak sekali jenis emas yang ada di Indonesia. Namun perbedaan terbesarnya adalah karat yang terkandung pada emas tersebut.

Para pemula umumnya tidak bisa membedakan mana emas perhiasan yang murni 24 karat atau yang tidak murni, mana emas yang bagus untuk dijadikan investasi mana yang hanya untuk aksesoris. Sehingga penipuan terhadap emas palsu akan semakin besar dibandingkan emas batangan.

Berbeda dengan emas batangan, penjual resminya di Indonesia tentu saja perusahaan Antam. Selain itu ada beberapa perusahaan lagi yang menjual emas dengan baik dan murni 24 karat. Hal itu dilengkapi surat menyurat resmi, sehingga pembelian emas palsu bisa dikurangi atau kemungkinan salah membeli bisa dikurangi. Inilah yang menjadi kelebihan besar emas batangan dibanding emas lainnya.

Adapun beberapa kekurangan dari emas batangan adalah :

4). Membutuhkan tempat penyimpanan khusus
Seringkali Emas batangan yang anda miliki tidak mungkin ditempatkan di lemari biasa saja, hal ini akan mengundang bahaya atau mengundang kriminalitas. Sehingga emas batangan membutuhkan sarana penyimpanan khusus. Terutama jika anda memiliki emas batangan dengan jumlah yang banyak ataupun besar.

Bagi Anda yang ingin berinvestasi emas batangan, namun bingung dimana tempat menaruh emas batangan yang aman. Bila jumlah emas yang anda miliki sudah berbahaya untuk ditaruh dirumah, maka mulailah menitipkan emas ke bank atau pegadaian supaya lebih aman untuk investasi anda dan juga untuk diri anda sendiri.

Kehati-hatian Investor

Tidak ada yang mudah untuk seorang pemula, terutama jika anda bermain di dunia bisnis dan juga investasi. Perlu anda ketahui bahwa investasi bukanlah dunia yang ramah dan baik, ada banyak oknum yang memanfaatkan berbagai cara untuk mendapatkan keuntungan apalagi menyangkut mengenai uang.

Tantangan terbesar menjadi investor pemula adalah menghadapi banyak oknum jahat tersebut. anda harus sudah bisa mengasah insting sebagai investor pemula, siapa yang bisa menjadi rekanan siapa yang menjadi musuh. Karena dasarnya dalam persaingan bisnis investasi emas batangan tidak terlalu tinggi layaknya saham.

Hanya saja jika anda tidak hati-hati bisa jadi emas batangan anda berpindah pada mereka yang tidak pernah terlacak keberadaannya. Perlu anda ingat, bahwa anda tidak saingan mendapatkan keuntungan untuk jenis investasi ini, namun perlindungan andalah yang akan diuji dan dipertaruhkan. Mengingat tidak mudah menjaga investasi berbentuk aset.


Kriminalitas juga bisa saja terundang dan menyebabkan anda mengalami hal yang tidak diinginkan. Maka dari itu, cobalah untuk mencari cara dalam melindungi emas batangan anda seperti memindahkannya ke bank dan sebagainya. Jika anda harus membayar jasa tentu lebih baik dibandingkan harus membayar nyawa atau kehilangan usaha investasi anda. 

apa keuntungan berinvestasi emas ?



logoblog

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Memulai Investasi Emas Batangan Untuk Pemula"

Posting Komentar