ads

Tips dan Trik dalam Investasi Emas yang Cepat Menguntungkan


Anda pasti sudah biasa mendengar benda berharga bernama emas. Masyarakat Indonesia mengenal emas dengan sangat baik, tidak hanya di kota saja bahkan masyarakat di desapun sudah tahu bahwa emas merupakan salah satu sumber daya alam yang berharga.

Emas merupakan salah satu logam mulia yang tidak ditemukan di semua negara. Hanya beberapa negara saja yang diberkahi logam mulia ini. 

Di Indonesia sendiri tanah Papua terkenal akan tambang emasnya yang berlimpah dengan kualitas sangat baik.

Sekarang ini jumlah penghasil sumber daya alam khusus emas semakin sedikit. Bukan hanya penghasil saja namun emasnya sendiri semakin menipis. Akibat banyaknya penambangan besar-besaran dan juga penambangan liar, sehingga emas yang bagus dan berkualitas sudah sulit dicari. 

Hal ini yang menyebabkan harga emas terus naik dari tahun ke tahun dan menjadikan emas sebagai barang berharga yang disimpan banyak orang.

Berbicara mengenai simpanan emas, sebenarnya sudah banyak orang yang melakukan simpanan emas walaupun dengan cara sederhana. 

Apakah anda pernah terpikir untuk mulai menyimpan emas ? 

Dimana dengan cara menyimpan emas maka sebenarnya anda sudah melakukan yang namanya investasi emas. Biasanya jika hanya menabung, maka seringkali kita mengambil uang tabungan hanya untuk hal tidak penting.

Emas sering menjadi pilihan yang tepat untuk anda yang ingin berinvestasi baik jangka pendek ataupun jangka panjang dengan resiko yang minim. 

Banyak orang yang mementingkan resiko ketika investasi, karena tidak ingin mengalami kerugian secara tiba-tiba dan jumlah yang besar.

Sebenarnya ada banyak instrumen investasi lainnya yang memberikan imbal hasil lebih tinggi. Ada juga investasi yang menjanjikan bahkan dalam jangka waktu yang panjang seperti saham. 

Namun, sesuai dengan keuntungan yang diperoleh, risikonya juga tinggi. Untuk para pemula hal seperti ini tentu mengkhawatirkan mengingat jam terbang belum tinggi.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik dalam investasi emas agar cepat menguntungkan, terutama untuk anda yang masih pemula dan ingin mencoba peruntungan dalam bidang investasi emas. 

Apa saja tips dan triknya ?

1. Beli Saat Harga Turun, Jual Saat Naik


Meskipun emas masuk kedalam logam mulia yang jarang mengalami penurunan harga bukan berarti harga emas tidak pernah turun sama sekali. Biasanya emas akan turun jika mengalami inflasi, dimana banyak orang yang sedang menjual emas. 

Nah anda harus bisa menggunakan tips dan trik ini agar bisa mendapatkan keuntungan.

Tips pertama yang bisa anda terapkan untuk mendapatkan keuntungan yaitu menggunakan teknik klasik. Teknik ini populer dan sering digunakan oleh banyak pemula, karena sederhana dan juga mudah. 

Namun teknik ini tetap bisa menghasilkan keuntungan meskipun tidak terlalu cepat.

Kunci dari teknik ini adalah kesabaran, mengingat anda akan menggunakan cara yang sederhana. Maka keuntungan yang datang juga sederhana saja. 

Tetapi cara ini sangat aman karena tidak berpotensi merugikan anda atau membuat anda kehilangan modal. Teknik klasik disukai oleh mereka yang bermain investasi di zona yang mudah.

Teknik klasik sendiri adalah teknik investasi ketika emas mengalami penurunan harga ataupun rendah, maka emas tersebut akan dibeli dengan jumlah yang besar. 

Setelah itu anda kembali menjualnya di saat harganya naik. Anda akan mendapatkan keuntungannya dari selisih jual emas. Disini yang dibutuhkan hanyalah kesabaran anda untuk mengikuti informasi harga emas dan juga tepat dalam perhitungan antara modal dan harga jual.

Teknik klasik sering digunakan orang dulu, makannya dinamakan klasik. Cara ini terbukti efektif untuk investasi jangka panjang dan tidak beresiko. Orang jaman dahulu mungkin tidak tahu bahwa mereka melakukan invetasi dengan cara menjual emas ketika mahal dan membeli emas ketika turun harga, yang mereka tahu jual beli emas itu mendatangkan keuntungan.

2.  Rencanakan Tujuannya


Buat rencana serta tujuan anda melakukan investasi emas. Jika membingungkan atau mungkin ada rencana yang anda pikirkan, bisa langsung berkonsultasi terlebih dahulu dengan seseorang yang sudah ahli dalam bisnis emas. Karena investasi ini akan melibatkan dana yang anda miliki walaupun mungkin resiko meskipun tidak besar.

Investasi emas memang mudah, atau mungkin keuntungannya didapat hanya untuk mengelola dana yang ada saja. Namun tetap saja anda harus bisa merencanakan tujuannya dengan jelas, sehingga anda bisa menentukan strategi yang tepat. 

Jika sudah berhasil mendapatkan keuntungan atau mengumpulkan emas dengan jumlah banyak maka apa yang akan anda lakukan selanjutnya. Jangan sampai keuntungannya hanya bersifat instan dan sementara.

Merencanakan tujuan investasi emas bisa mempermudah anda ketika menjalankan investasi di waktu selanjutnya. Maka jangan meremehkan rencana serta planing sebelum memulai, karena biasanya kita menjalankan sesuatu yang justru di luar rencana. 

Meskipun terkadang tidak sesuai, namun tidak akan jauh dari yang sudah anda rencanakan.  

3. Pilihlah Jenis Emas


Investasi emas banyak jenisnya, bagi anda yang pemula coba kenali kembali jenis-jenis investasi yang cocok dan sesuai dengan anda. Bisa jadi pilihan anda mempengaruhi keuntungan yang anda dapatkan ketika melakukan investasi. 

Mengenali berarti anda harus mempelajarinya mulai dari kelebihan dan kekurangannya, resikonya sampai harga atau modalnya.

Contohnya saja perhiasan yang Anda beli terbuat dari emas, karena bentuknya berubah maka anda tidak bisa menjadikannya investasi ? 

tidak juga. 

Selama perhiasan yang anda beli karatnya benar-benar bagus maka perhiasan anda bisa menjadi investasi berharga.

Pada dasarnya, emas memiliki beberapa jenis dan bentuk. Diantaranya emas batangan, perhiasan, koin dan juga dinar. Ada juga yang hanya memanfaatkan surat-suratnya saja tanpa memegang fisiknya dan disebut emas non fisik. 

Semuanya sama-sama emas namun memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda.
Anda harus bisa memilih investasi emas mana yang ingin anda gunakan sebagai modal untuk memperoleh keuntungan, pada dasarnya semua investasi emas menguntungkan selama murni dan strategi anda sesuai.


4. Jual pada Pihak yang Memberikan Harga Tinggi


Ketika anda mencoba membeli atau menjual emas anda harus berhati-hati, terutama para pemula yang mudah ditipu. Jika perlu anda kembali menjual ditempat anda membeli sebelumnya. Biasanya hanya dibutuhkan kuitansi dan surat pembelian emas.

Apabila pihak toko memang menyediakan perjanjian buy back guarantee, cobalah mencari informasi apakah harganya sudah terbaik dan menutupi modal ketika anda membeli dulu. Jangan sembarangan menjualnya, karena anda bukan menjual emas bukan untuk mendapatkan uang namun untuk mendapatkan keuntungan.

Jika tempat lain yang bersedia membeli dengan harga lebih tinggi, abaikan garansi yang anda dapatkan. Biasanya jika anda menjualnya ke Logam Mulia Aneka Tambang atau ANTAM, bisa jadi ada kemungkinan harganya sedikit lebih tinggi daripada di toko emas biasa.

Menjual pada pihak yang memberikan harga tinggi sudah jelas memberikan keuntungan anda dengan cepat. Namun anda juga harus pastikan bahwa toko tersebut terpercaya atau tidak. Sehingga tidak ada permasalahan di belakangnya.

5. Jeli dan Teliti


Tips dan trik selanjutnya agar anda tidak mengalami kerugian yaitu jeli dan teliti. Sebenarnya investasi emas sama saja, namun yang membedakan setiap investor dengan keuntungannya adalah karena mereka jeli dan teliti dalam bermain investasi.

Jika anda ingin mendapatkan keuntungan maka saatnya anda rajin memperhatikan pasar emas. Kesalahan investor baru adalah, mereka bisa saja melakukan investasi seperti membeli emas dan menjual kapan saja.

Padahl bisa saja kan ketika melakukan penjualan harga emas sedang turun. Jika sudah seperti ini justru malah andalah yang merugi. Makanya, jeli dan juga teliti sangat penting dalam berinvestasi emas.

Sebelum anda memutuskan untuk berinvestasi emas maka lebih baik cari dahulu informasi mengenai harga emas yang ada di pasaran dan analisa kedepannya. Laporkan atau buat data mengenai harga emas terbaru setelah itu anda bisa melakukan penjualan dan pembelian emas. 

Anda juga bisa meneropong tren harga emas di internet meskipun terkadang agak berbeda, misalnya pada situs Goldprice, atau UBS Gold.

Jika membicarakan keuntungan maka tips yang bisa anda lakukan sisanya adalah analisa dan juga bagaimana anda mau mempelajari investasi. Tips dan trik ini tidak hanya untuk anda para pemula namun juga anda yang sudah lama menekuni investasi emas.  

Karena terkadang para investor lama tidak mau lagi belajar ataupun menganalisa karena menganggap sudah paham dengan dunia investasi.

Faktanya dunia investasi emas atau dunia bisnis berjalan dinamis dan terus berputar. Apabila anda tidak mempelajarinya atau tidak mengikuti informasi terbarunya sudah tentu bisa menyebabkan anda merugi atau 



logoblog

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips dan Trik dalam Investasi Emas yang Cepat Menguntungkan"

Posting Komentar