ads

Mengapa Pilih Emas Batangan ? Inilah Kelebihan dan Keuntungan Investasi Emas Batangan vs Non fisik


Sebagai pemula yang akan memulai investasi, ada banyak hal yang harus anda pelajari. Tak hanya mempelajari bagaimana mendapatkan keuntungan, namun juga jenis-jenis dari investasi dan juga resiko yang harus dihadapi. Mengingat investasi bukanlah hal main-main dan melibatkan kerugian serta peluang.

Sebenarnya investasi adalah hal yang sangat menguntungkan, dimana kita tidak pernah tahu apakah di masa selanjutnya kita akan mengalami kekurangan atau kelebihan dana. Ataupun di masa selanjutnya kita membutuhkan uang besar untuk hal-hal yang bersifat urgensi dan mendadak.

Jika tidak memiliki uang maka akan kesusahan dan tentu banyak kerugian yang dihasilkan. Nah jenis investasi sendiri dalam dunia bisnis cukup banyak. 

Tidak hanya satu dua saja namun ada ratusan jenis investasi yang bisa anda pilih dan anda pelajari untuk memperoleh keuntungan berlimpah.

Investasi Emas

Salah satunya adalah emas, dimana sampai saat ini emas memang menjadi primadona investasi. Banyak hal yang membuat orang lebih memilih emas, seperti halnya stabil, selalu meningkat, dan tidak terpengaruh inflasi.

Makannya emas sering menjadi simpanan banyak orang meskipun mereka tidak berniat mengambil keuntungan atau hanya sekedar menabung saja. Namun emas menjadi alat yang dianggap tepat dan mudah.

Selain itu, bisnis investasi emas seringkali dilakukan oleh banyak investor pada saat inflasi tinggi, dan harganya justru naik berkali-kali lipat dari sebelum inflasi. Sehingga, banyak yang beranggapan dengan bisnis investasi emas merupakan pilihan yang tepat terkhusus bagi pemula.

Fisik dan Non Fisik

Membicarakan mengenai investasi emas memang tidak ada habisnya. Namun anda harus mengenal investasi emas terutama jika anda pemula. 

Mengapa dibagi dua ? 

sebenarnya investasi emas ini merupakan kelebihan atau inovasi yang ditemukan dalam dunia bisnis untuk mempermudah para investor melakukan aktifitas investasinya.

Namun sebenarnya pemilihan fisik dan non fisik harus benar-benar anda kenali. Mengingat sangat banyak varian investasi sehingga membuat banyak orang bingung harus memilih yang mana. 

Jangan sampai ketika di tengah jalan anda mengalami hambaan dan menjadikan hal tersebut gerbang kerugian anda.

Dalam jenisnya ada dua investasi emas yaitu fisik maupun non fisik. Apa perbedaan besarnya ? selain itu apa keuntungan dan kelebihannya, akan dibahas dalam artikel ini.

Emas Fisik

Emas fisik merupakan jenis investasi emas yang berbentuk fisik. Sehingga bukan hanya bayangannya saja seolah anda memiliki 200 atau 300 gram emas namun wujudnya memang anda pegang juga. 

Beberapa contoh investasi emas fisik yaitu emas koin, emas dinar, emas perhiasan dan juga emas batangan.

Adapun beberapa keuntungan dan kelemahan yang dimiliki jika anda menggunakan investasi fisik yaitu :


1). Lebih akurat

Gram untuk emas yang berbentuk fisik tentu lebih nyata. Sehingga lebih aman dan juga lebih objektif, mengingat wujudnya yang ada menjadikan perhitungan gram lebih akurat dan tentu lebih mudah.

Jika menggunakan emas non fisik anda tidak bisa memastikan ke-akuratan emas yang anda investasikan. Apakah benar atau salah dan juga benar-benar sesuai hitungannya atau tidak. Sehingga banyak orang yang lebih percaya emas fisik terutama para investor yang penuh kehati-hatian.


2). Menghindari Emas Palsu

Untuk emas batangan anda tentu memilih perusahaan Antam untuk membeli emas batangan yang aman dan akurat, lantas bagaimana dengan emas non fisik. Sudah tentu, akan sulit menilai apakah emas tersebut palsu atau tidak palsu jika menggunakan sistem non fisik.

Para pemula umumnya tidak bisa membedakan mana emas perhiasan yang murni 24 karat atau yang tidak murni, mana emas yang bagus untuk dijadikan investasi mana yang hanya untuk aksesoris. Sehingga penipuan terhadap emas palsu akan semakin besar jika mengikuti sistem non fisik.

3). Mudah

Biasanya banyak orang yang tidak mau melakukan investasi karena terlalu rumit atau terlalu ribet. Seperti mengatur strategi, mengatur kapan anda harus melakukan pembelian, penjualan dan sebagainya. Bagi mereka yang berniat untuk menyimpan uang saja bukan untuk memutar uang maka akan susah menjalani sistem investasi.

Namun berbeda dengan anda yang ingin melakukan investasi dengan mudah dan juga sederhana. Anda tidak perlu menggunakan strategi rumit dan sejenisnya. Dimana anda bisa menggunakan investasi emas fisik.

Seperti yang dibahas sebelumnya, karena akurat dan wujudnya ada maka akan lebih mudah menghitung dan mengira keuntungan yang bisa anda dapatkan jika anda melakukan investasi emas. Khusunya jenis emas batangan yang tidak memakan biaya pembuatan desain seperti perhiasan dan nilainya besar.

Anda juga tidak perlu repot memikirkan apakah surat tersebut valid atau tidak dan sebagainya. Jika membicarakan mengenai penipuan, memang investasi emas fisik juga memiliki resiko adanya penipuan. Namun tidak sebesar investasi non fisik. 

4). Nilainya Besar

Jika anda memang sudah memiliki cukup dana untuk melakukan investasi kenapa harus membeli yang kecil atau yang bernilai rendah. 

Kenapa tidak membeli yang bernilai tinggi ? 

Untuk anda yang memiliki uang banyak investasi fisik khususnya batangan dan koin akan lebih berguna.

Mengingat konversi untuk satu batangnya bisa saja 1 kg atau 1000 gram. Sehingga surat-surat berharga yang anda pegang dan juga data yang anda urus tidaklah banyak, namun nilainya tetap besar. 

Untuk anda yang tidak mau repot investasi emas fisik lebih bagus dan menjanjikan.
Adapun kekurangan dari emas fisik diantaranya adalah :


1). Membutuhkan tempat penyimpanan khusus

Seringkali Emas batangan yang anda miliki tidak mungkin ditempatkan di lemari biasa saja, hal ini akan mengundang bahaya atau mengundang kriminalitas. Sehingga emas batangan membutuhkan sarana penyimpanan khusus. Terutama jika anda memiliki emas batangan dengan jumlah yang banyak ataupun besar.

Bagi Anda yang ingin berinvestasi emas batangan, namun bingung dimana tempat menaruh emas batangan yang aman. Bila jumlah emas yang anda miliki sudah berbahaya untuk ditaruh dirumah, maka mulailah menitipkan emas ke bank atau pegadaian supaya lebih aman untuk investasi anda dan juga untuk diri anda sendiri.


2). Membutuhkan Biaya Perawatan

Karena bentuknya fisik sudah jelas anda tidak bisa sembarangan menyimpan investasi di rumah anda. Kalaupun anda memiliki investasi emas batang, emas perhiasan dan sebagainya di bank atau pegadaian tentu ada biaya perawatan atau jasa perawatan yang menyebabkan banyak orang harus membayar biaya tambahan.

Emas Non Fisik

Bagaimana dengan emas non fisik ? emas non fisik adalah investasi emas dimana anda tidak memegang wujudnya namun hanya nilainya saja. Ada beberapa contoh dan juga jenis dari emas non fisik diantaranya adalah Investasi emas komoditas atau biasa disebut future gold, biasanya disebut juga saham emas.

Kemudian ada jenis investasi emas gadai serta investasi emas dengan berbentuk sertifikat saja. Semuanya berbentuk non fisik dan tidak pernah anda lihat wujud fisiknya, hanya perputaran nilai saja. Nah apa kelebihan serta kekurangannya ?


1). Tidak ada Ongkos

Kelebihan pertama dari emas non fisik tentu saja tidak adanya biaya ongkos perawatan atau pemeliharaan. Dimana investasi yang anda pegang hanya berbentuk kertas atau data saja. Bukan emas betulan yang benar-benar harus anda jaga. Sehingga anda tidak mengeluarkan biaya tambahan.

2). Aman

Mengapa dikatakan aman, banyak orang yang menyatakan bahwa melakukan investasi non fisik akan lebih aman karena tidak ada wujudnya. Sehingga anda tidak perlu khawatir masalah keamanan simpanan emas anda.

Kekurangan dari emas non fisik tentunya cukup banyak. Pertama adanya penipuan besar-besaran. Karena anda tidak melihat adanya wujud emas yang dimaksud, maka transaksi dilakukan tanpa ada hal yang jelas atau real.

Hal ini menjadikan banyak pemula bisa jadi bingung atau rugi banyak. Sebaiknya untuk investasi emas non fisik dihindari saja oleh anda yang belum pernah sama sekali melakukan investasi.

Selain itu investasi non fisik rasanya bisa dilakukan hanya untuk mereka yang memang sudah paham bermain saham atau bermain strategi ketika melakukan investasi, sayangnya cukup banyak mereka yang bermain investasi emas karena kelebihannya yaitu mudah dan sederhana. 

Bagi investasi emas non fisik, gambaran tersebut tidak cocok dan tidak mungkin dilakukan.

Itulah beberapa ulasan mengenai investasi emas baik fisik maupun non fisik. Pada dasarnya apapun yang anda pilih kembali pada masing-masing investornya. 

Fisik ataupun non fisik jika investasinya emas sudah tentu akan menguntungkan. Mengingat emas merupakan objek investasi yang jarang mengalami penurunan harga sampai jauh dan meresahkan banyak investor.

siapa sih orang indonesia yang bisnis pertambangan emas ?
logoblog

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengapa Pilih Emas Batangan ? Inilah Kelebihan dan Keuntungan Investasi Emas Batangan vs Non fisik"

Posting Komentar