ads

Jenis Jenis Emas Batangan untuk Investasi


Jenis Jenis Emas Batangan untuk Investasi

Di zaman modern ini banyak masyarakat yang lebih pintar dan bijak dalam mengelola keuanganya. 

Tidak seperti dahulu yang hanya memikirkan bagaimana memiliki uang banyak. 

Namun masyarakat sekarang memikirkan harus bagaimana mengelola keuangan yang ada agar tidak kekurangan di masa yang akan datang,terutama jika mereka sedang membutuhkan dana yang besar.

Pemikiran ini yang membawa banyak orang untuk mengikuti investasi. Sukses dalam berinvestasi berjalan lurus dengan adanya diversifikasi dan manajamen resiko. Bisa dikatakan, jangan menaruh semua uang atau harta yang anda miliki hanya dalam satu instrumen investasi saja. Mengingat pasar bisa anjlok dan akan merugikan secara tiba-tiba dan tidak terduga.

Termasuk salah satunya adalah investasi emas, dimana emas merupakan logam mulia yang semakin hari semakin naik harganya. Ketika ingin mendapatkan keuntungan dalam investasi, baik emas atau non emas. Anda bisa menentukan jumlah yang tepat dari setiap jenis aset yang dapat bertahan dari serangan inflasi, deflasi, stagflasi dan bahkan hiperinflasi.

Banyak orang mencari dan membeli emas batangan karena karakteristiknya yang unik, bukan hanya dari fisik saja melainkan emas merupakan alat tukar dan mata uang universal selama berabad-abad. Dengan kadar dan juga nilai yang sudah pasti berharga.

Di Negara besar lainnya, emas merupakan alat tukar internasional sekaligus instrumen untuk mempertahankan kekayaan seseorang. Menurut mereka emas batangan merupakan benda ternilai yang bisa terlihat dan terhitung dengan baik, karena hal inilah sebuah negara bisa meningkatkan kekuatan ekonominya.

Namun jika dilihat keuntungan untuk masing-masing individu, emas dimanfaatkan sebagai instrumen proteksi dan jaminan atas investasi, penurunan nilai uang, resiko makroekonomi dan alat penyimpan kekayaan.

Investasi Emas Batangan

Seorang investor yang sudah berpengalaman serta berwawasan luas tentu tahu bahwa investasi terdiri dari berbagai macam jenisnya. Selain itu keuntungan serta kerugiannya pun berbeda-beda. Termasuk dalam investasi emas, dimana anda yang membeli emas batangan maupun bentuk investasi emas yang lain bisa menjadi pilihan investasi yang solid.

Sekarang ini investasi emas batangan terbagi menjadi beberapa jenis yang bisa anda pilih. Tak hanya satu saja, hal ini diutamakan untuk anda yang mungkin tidak memiliki dana sebesar itu untuk membeli emas. 

Mungkin saja uang anda terlalu banyak sehingga akan boros atau sulit jika membeli jenis yang gramnya rendah, berikut ini jenis-jenis emas batangan yang bisa anda kenali :

      Emas batangan 1 kilogram atau 1000 gram

Pertama adalah jenis emas 1 kilogram atau 1000 gram. Emas ini merupakan jenis emas batangan yang terberat. Ukuran atau bentuknya sama-sama seperti bar, namun jika ditimbang memiliki bobot 1000 gram.

·         Emas batangan 12,4 kilogram

Untuk emas ini memang jarang peminatnya, mengingat ukurannya nanggung hanya 12,4 kilogram atau setara dengan 1200 gram. Sebenarnya besar, namun karena ukurannya yang tidak umum membuat investor mengurungkan niat untuk membeli emas ini.

·         Emas batangan 100 gram

Emas batangan untuk 1 ons merupakan salah satu emas batangan yang seringkali dibeli oleh para investor. Karena harganya yang masih bisa dijangkau dan ukurannya yang tidak terlalu besar namun juga tidak terlalu kecil.

·         Emas batangan 50 gram, 20 gram, 10 gram, ataupun 1 gram

Ukuran 50, 20, 10 sampai 1 merupakan ukuran emas yang lebih kecil hingga paling kecil. Jika anda ingin mencoba investasi dengan dana yang pas-pasan maka anda bisa memilih emas ini. Emas batangan sendiri memiliki penjelasan di setiap barnya dan sertifikatnya, sehingga tidak akan tertukar meskipun bentuknya atau panjangnya terlihat sama.

Di Antam sendiri memang tersedia berbagai ukuran. Seperti yang dikatakan tadi anda bisa memilih sesuai dengan dana yang anda miliki. Ukuran dihitung dengan takaran gram, yaitu 1, 2, 2.5, 3, 5, 10, 25, 50, 100, 250, 1000 gram. Sedangkan untuk kadar mencapai 999,9 persen sehingga bisa dikatakan murni.

Tetapi jika memang anda berminat menggunakan emas batangan untuk investasi sebaiknya anda pelajari terlebih dahulu kadar kandungan yang ada pada emas. Karena, karat merupakan hal penting dalam emas. Dengan kadar karat maka anda bisa menentukan emas batangan tersebut memang murni emas atau dicampur bahan lain. Adanya campuran akan menyebabkan emas batangan bernilai rendah.

Selain beberapa gram yang sudah dibahas diatas, ada juga jenis perhiasan dan juga jenis koin dinar. Kedua jenis ini bisa juga menjadi alternatif yang bisa anda pilih untuk berinvestasi emas. Namun masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahannya.

Untuk perhiasan, emas cenderung membutuhkan biaya perawatan dan juga pemeliharaan. Namun perhiasan biasanya tidak hanya untuk investasi namun juga untuk aksesoris dan juga pelengkap penampilan. Sedangkan untuk koin karena termasuk kedalam barang antik harga belinya cukup tinggi namun harga jualnya bisa dikatakan tidak jauh beda dengan harga beli.

Jenis Sama Produk Lain

Selain ANTAM ada juga pihak swasta yang ikut berbisnis emas batangan khusus investasi yaitu perusahaan UBS. Dimana perusahaan ini memiliki banyak kesamaan, mulai dari investasi emas batangan dengan sertifikat, harga jual yang tinggi, kemurnian dan sebainya.

Perbedaanya adalah, UBS hanya menyediakan emas dengan ukuran 1,, 2, 5, 10, 25, 50, 100gr saja. Selain itu, UBS memiliki kelebihan Cocok untuk ditumpuk sehingga efisien dalam penyimpanan, sedangkan untuk emas ANTAM kurang rapih untuk ditumpuk.

Meskipun berbeda, ANTAM milik negara dan UBS miliki swasta, namun emas batangan mereka bisa dibandingkan kualitasnya. Harganya pun tidak jauh berbeda, karena dari sisi kandungan dan karat baik ANTAM dan UBS memang sama-sama murni. Selain itu perbedaan besarnya adalah tahun pembuatan. Jika pada emas ANTAM akan tertera tahun cetak sedangkan UBS tidak. Mereka sengaja tidak menuliskan tahun cetaknya.

Sayangnya untuk emas batangan UBS tidak bisa didapatkan secara nasional. Sehingga daerah yang benar-benar jauh dari ibukota hanya bisa mengakses emas ANTAM saja. Jakarta & Surabaya, merupakan tempat dimana emas batangan UBS bisa dibeli.

Perbedaan besar lainnya adalah waktu pemesanan emas batangan. Jika pada ANTAM anda harus menunggu kira-kira 1-2 bulan agar emas batangan bisa jadi dan diserahkan pada pihak pembeli. Sedangkan pada perusahaan UBS hanya 1 minggu saja. Hal ini dipengaruhi adanya perbedaan pendataan emas baik pada pihak UBS ataupun ANTAM.

Dimanapun anda membeli jenis-jenis emas batangan, atau berapapun beratnya selama tempatnya terpercaya tentu anda tidak perlu khawatir akan kualitas dan kemurniannya.

Keuntungan Investasi Emas Batangan

Jenis investasi emas batangan sebenarnya mampu memberikan tingkat keuntungan dan rasa aman yang lebih baik dibandingkan jenis investasi emas lainnya. Mengapa bisa begitu ? karena bila membeli emas batangan atau emas bar maka Anda akan mendapatkan sertifikat keaslian.

Dalam sertifikat tersebut akan tertera informasi berisikan nomor id, berat, ukuran, dan tingkat kadarnya. Jika anda ragu maka anda bisa melihat seritifkat emas tersebut. Anda bisa menggunakan produk ANTAM dimana produk emasnya lebih terjamin. Karena itu, sudah banyak investor yang lebih memilih untuk berinvestasi emas batangan.

Namun, kekurangan emas batangan adalah tidak banyak pihak yang menjualnya, karena emas batangan yang asli memang sulit didapat terutama untuk yang diolah menjadi emas batangan yang disesuaikan dengan gramnya. Anda bisa datang langsung ke PT. Aneka Tambang, Tbk (Antam). Sebab, umumnya, logam mulia yang diperdagangkan di Indonesia berasal dari perusahaan BUMN ini sudah terjamin kuliatasnya.

Sayangnya, memang investasi emas batangan ini mengundang pro dan juga kontra. Berdasarkan Undang-Undang Pajak Penghasilan, warisan tidak termasuk sebagai objek pajak. Misalnya saja, apabila seorang ayah ingin mewariskan emas batangan kepada putranya maka anak tersebut tidak harus membayar pajak warisan.

Namun jika anak tersebut menjual emas batangan yang sudah dimilikinya maka hasil penjualan warisan akan menambah kekayaan dan penghasilannya tetap dikenakan pajak inti. Makannya kenapa emas batangan yang dicairkan menjadi uang tetap kena pajak dan menimbulkan pro serta kontra.

Selain itu, menyimpan emas batangan bukanlah hal yang mudah mengingat emas batangan memiliki bentuk fisik. Biasanya beberapa orang tidak akan bingung jika hanya sertifikat saja. Namun bagaimana jika menyimpan bentuk bar nya ?


Resiko kehilangan dan juga terjadinya perampokan sangat tinggi. Sehingga perlu pengamanan ekstra untuk menyimpan emas batangan yang anda miliki. Emas bisa disimpan menggunakan safety box tertentu atau jika ingin lebih aman gunakan fasilitas deposit box yang biasa dimiliki atau difasilitasi oleh bank hanya saja anda harus membayar tambahan biaya penyimpanannya. 

cara membeli emas batangan yang aman dan terpercaya ! 
 



logoblog

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jenis Jenis Emas Batangan untuk Investasi"

Posting Komentar