ads

Emas Batangan sebagai Lindung Nilai dan Investasi Jangka Panjang


Investasi emas merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang yang menginginkan dana atau uang yang mereka miliki bisa bermanfaat dan bisa digunakan dalam jangka yang panjang. Sebenarnya ada banyak jenis investasi, mulai dari investasi properti, saham, forex dan berbagai jenis investasi lainnya.

Jika membicarakan mengenai emas maka kita membicarakan mengenai logam mulia menguntungkan. Karena menguntungkan inilah maka emas menjadi bahan utama dalam perdagangan investasi yang ada di dunia bahkan di Indonesia.

Terdapat tiga tujuan utama jika anda berinvestasi emas yakni untuk tabungan atau biasa disebut sebagai dana darurat. Sedangkan bagi beberapa orang akan melakukan rencana jangka panjang. Investasi jangka panjang ini sangat cocok untuk anda yang ingin mengkonversi harta anda atau mendapatkan keuntungan, berikut ulasan emas sebagai investasi jangka panjang :

1. Harga Terus Naik

Harga yang terus naik akan menguntungkan anda di waktu selanjutnya. Harga terus naik disebabkan oleh logam mulia emas semakin lama semakin menipis stoknya sehingga menyebabkan banyak penambang yang tahu akan kondisi lapangan emas menambah harga emas yang ada dipasaran.

Khususnya emas batangan, dimana emas batangan mengandung 99.99 % emas murni sehingga menjadikan emas batangan akan berpotensi menguntungkan jika dibawa hingga jangka panjang. Harga yang terus naik dengan kandungan yang murni tentu tidak perlu ditanya lagi.

2. Langka

Karena emas termasuk kedalam logam mulia langka atau sumber daya alam tidak terperbaharui. Maka emas semakin lama semakin habis. Mungkin beberapa perusahaan dan penambang akan mengelola emas yang ada, beberapa yang terjual dan kembali di beli oleh pemerintah.

Namun untuk emas perhiasan agak susah. Mengingat emas perhiasan sudah dibentuk-bentuk menjadi desain tertentu. Tidak semua orang memiliki selera yang sama, sehingga terkadang emas perhiasan agak sulit dijual kembali meskipun murni. Berbeda dengan emas batangan yang bentuknya sama namun tetap kandungannya tidak terganggu. Sehingga emas batangan lebih berpotensi dan harganya lebih stabil dibandingkan emas perhiasan di masa yang akan datang.

3. Jelas 

Apa yang dimaksud dengan jelas ? jelas disini adalah investasi emas memiliki kategori, penjelasan, asal dan sejenisnya dengan jelas. Sehingga mengurangi kemungkinan adanya kesalahan dan penipuan pada jual beli emas.

Dalam emas batangan akan tertera ID emas, pembuatan tahunnya dan berat serta kelengkapan data lainnya. Biasanya juga tertera dalam bagian sertifikat emas. Hal ini yang membuat emas batangan lebih spesial dibandingkan jenis emas lainnya dan menyebabkan emas lainnya tidak terlalu sering dipilih untuk investasi.

Kaitannya dengan investasi jangka panjang apa ?

harga yang akan ditawarkan di masa yang akan datangnya jelas. Mengingat emas batangan tersebut merupakan salah satu emas yang jelas informasinya. Ketika waktu berjalan dan suatu saat anda ingin menjualnya maka informasi tersebut menjadi modal utama harga emas anda.

Berbeda dengan perhiasan karena mereka tidak tahu kapan dan dimana emas tersebut dibuat. Terkadang ada beberapa pedagang yang menipu dan mengatakan bahwa emas kita bukanlah emas murni 99% sehingga emas tersebut dijual dengan murah. Karena tidak ada informasi dan kelengkapan keterangan untuk emas anda.

Selanjutnya adalah emas sebagai lindung nilai, maksudnya apa ? sebenarnya ini lebih terkait dengan ekonomi yang berjalan dan harga emas yang ada. Jika anda membeli emas hanya untuk menabung mungkin informasi ini sekedar saja, namun untuk anda yang ingin investasi maka informasi ini sangatlah penting demi strategi anda.

Mungkin anda tidak menyadari karena selama ini uang digunakan sebagai alat tukar utama.  Namun sayangnya nilai uang terus jatuh dari waktu ke waktu. Dulu mungkin harga sebuah sabun hanya Rp. 1.000 saja, namun sekarang ini harga sabun mandi bahkan bisa mencapai Rp. 20.000 per buah atau per bungkusnya.

Jika dibandingkan dulu uang selembar sepuluh ribu rupiah dapat membeli satu kilogram telur, namun kini selembar uang sepuluh ribu hanya bisa membeli setengah kilogram telur. Jika membicarakan mengenai transaksi uang sekarang ini yang berbeda dengan jaman dahulu maka bisa disebut sebagai inflasi.

Sayangnya kejadian inflasi ini dari tahun ke tahun nilainya akan terus naik di Indonesia, melihat rupiah sendiri eksistensinya. Sehingga hal ini menjadikan daya beli akan semakin turun dan juga lemah karena rupiah melemah sedangkan harga barang akan semakin mahal. Selain itu uang akan sulit digunakan untuk alat simpan di masa yang akan datang karena akan habis untuk keperluan.

Hal ini juga bisa terjadi pada anda yang mengikuti sistem deposito berjangka yang tidak mampu mengejar laju inflasi, meskipun niat awalnya adalah anda mengikuti atau menggunakan deposito agar bisa melindungi uang yang anda miliki. Nah lantas bagaimana menyimpan harga dengan baik tanpa terkena inflasi ?

Untungnya, penggunaan emas sebagai alat lindung nilai tabungan bisa digunakan.  Nilainya yang relatif mengikuti nilai Inflasi membuat emas cenderung bersifat likuid. Sebenarnya bukan tanpa sebab, karena keberadaannya diinginkan dan diakui nilainya secara bersama maka menabung emas tentu akan memberikan lebih banyak keuntungan dibandingkan perhiasan saja.

Jika dilihat dari hukum ekonomi konvensional, apabila jumlah uang beredar dalam masyarakat terlalu rendah maka suku bunga yang ada dalam ekonomi tentu akan menurun. Dalam ekonomi Islam khususnya, individu dapat sadar dengan sendirinya untuk tidak melakukan penimbunan itu lewat haul dan nisab zakat emas.

Haul selama satu tahun dan nishab zakat emas ini apabila diungkan ternyata relatif tidak terlalu tinggi, hanya sebesar 85 gram atau Rp 46.750.000,00 bila dikalikan dengan harga emas Rp 550.000,00 per gram.

Investasi emas sebenarnya tak hanya dilakukan oleh individu yang memiliki uang banyak saja, namun mereka pelaku perusahaan-perusahaan besar ikut juga melakukan investasi emas namun dengan cara yang berbeda. Menurut mereka, investasi emas merupakan salah satu cara untuk melindungi aset bisnisnya secara aman dan tidak terkena inflasi.

Istilah cara ini disebut dengan hedging (lindung nilai), contohnya sebuah perusahaan ternyata memiliki hutang dengan bentuk valuta asing yang jatuh tempo dalam lima tahun mendatang. Hal yang dilakukan perusahaan tersebut adalah melakukan perjanjian atau kontrak pembelian valuta asing pada nilai yang disepakati

Selain itu dilengkapi juga dengan tanggal realisasi yang dibuat dan disesuaikan dengan jatuh tempo hutang. Walaupun tetap terkena biaya namun bagi perusahaan yang besar biaya tambahan tersebut tidak akan bermasalah. Mereka akan lebih untung membayar biaya tambahan saja dibanding menanggung resiko nya.

Perusahaan besar juga lebih memilih membayar biaya untuk memperoleh nilai kurs yang terjangkau, daripada menghadapi resiko besar seperti berlipat ganda akibat gejolak nilai tukar. Untuk itu emas dijadikan alat lainnya untuk transaksi sesama sehingga lebih aman dibandingkan uang bahkan deposito. Namun emas yang digunakan mereka adalah jenis emas batangan.

Jika membicarakan mengenai tujuan investasi emas sebagai pelindung nilai dan kekayaan sebenarnya ada penjelasannya. Jika terjadi inflasi dengan kejadian mata uang menurun khususnya di Indonesia yang seringkali bermasalah rupiahnya.

Serta semakin lama semakin tinggi, biasanya akan semakin baik kenaikan harga emas. Mengapa berkebalikan dengan rupiah ? Karena kejadian ini membuat banyak masyarakat panik dengan terjadinya kepastian ekonomi. Kestabilan ekonomi seringkali menjadi kunci besar negara yang maju untuk memakmurkan masyarakatnya.

Berbeda dengan Indonesia yang masih terkena imbas dari berbagai kejadian yang ada di dunia. Misalnya saja dollar bermasalah maka akan berimbas pada banyak aspek dalam ekonomi Indonesia.  Karena alasan inilah akhirnya harga emas akan semakin melambung.

Namun jika membicarakan hal sebalinya harga emas cenderung konstan apabila laju inflasi rendah. Harga emas bahkan cenderung sedikit menurun jika laju inflasi rendah dan cenderung sedikit menurun di bawah dua digit dan kurs dollar stabil. Karena orang lain akan memilih menggunakan uang yang memang jelas nilainya dan fungsinya dibandingkan emas.

Walaupun faktor langka dan menjadi SDA yang tidak terpebaharui menyebabkan harga emas mahal, namun tidak menetapkan bahwa emas banyak dipilih. Sehingga semahal-mahalnya emas tetap saja bisa diturunkan.

Dengan alasan tersebut, mengapa emas menjadi investasi yang sangat sesuai digunakan sebagai pelindung nilai kekayaan. Dengan kecenderungannya yang stabil, investasi emas tidak memiliki efek inflasi atau zero inflation effect.

Itulah penjelasan mengenai emas batangan sebagai lindung nilai dan juga investasi jangka panjang yang bisa terjadi di Indonesia. Sebagai orang yang bijak terutama anda yang memang memanfaatkan emas untuk investasi maka strategi dan cara yang tepat. Terutama emas batangan merupakan jenis investasi yang aman.

bagaimana cara jual emas batangan yang benar?
logoblog

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Emas Batangan sebagai Lindung Nilai dan Investasi Jangka Panjang"

Posting Komentar