ads

Cara Menganalisa Harga Emas Apakah Masih Wajar atau Kemahalan

Emas merupakan logam mulia yang sekarang tengah menjadi primadona. Bukan tanpa sebab, mengingat logam mulia ini sulit didapat dan penambang yang sudah semakin jarang.

Selain itu emas juga memiliki nilai tinggi karena salah satu alat tukar klasik yang memang memiliki nilai tinggi sejak dulu.

Emas sendiri memang bisa digunakan sebagai investasi serta melindungi nilai harta dari inflasi ataupun pajak yang mengganggu anda.

 Seringkali masyarakat menggunakan emas dan diubah menjadi perhiasan. Untuk itulah emas menjadi komoditas jual beli yang berharga dan tidak pernah surut sekalipun.

Ketika anda mencoba menggunakan emas sebagai alat simpanan dana anda, sebelumnya Anda harus memerhatikan tujuan pembelian tersebut. Karena seringkali banyak orang hanya membeli emas secara “random” tanpa melihat tujuan, bagaimana cara membelinya dan juga bagaimana mengolah emas agar bisa menguntungkan bukan merugikan.

Begitupun dengan emas, apakah untuk investasi atau untuk dipakai ? kemudian jika memang anda ingin melakukan investasi, maka jenis yang mana yang ingin anda gunakan. Karena investasi emas sendiri memiliki berbagai jenis yaitu ada yang berbentuk fisik dan nonfisik. Ada yang batangan ataupun koin dan juga berbentuk perhiasan.

Kemudian muncul pertanyaan selanjutnya, Mengapa Emas?

Setelah itu akan banyak muncul pertanyaan mengapa banyak orang yang memilih emas atau logam mulia sebagai salah satu instrumen investasi? meskipun kita tahu bahwa emas memang menguntungkan. Namun jika membicarakan keuntungan sebenarnya semua investasi memiliki keuntungan.

Hanya saja banyak orang yang menimang untuk memilih mana yang beresiko dan mana yang tidak beresiko.

Berikut ini beberapa penjelasan mengenai emas atau investasi emas yaitu:

1. Emas biasanya likuid dan tidak mudah tergerus inflasi sehingga tidak perlu khawatir.
2. Emas atau logam mulia harganya cenderung stabil bahkan naik setiap tahunnya dan ini dibuktikan dari berbagai grafik emas yang ada.
3. Emas tidak mudah rusak dan mudah disimpan selain itu emas lebih aman daripada uang tunai karena tidak ada resiko kebakaran dan sebagainya.

Lalu bagaimana cara menganalisa harga emas yang ada, apakah masih wajar ataupun sudah kemahalan ? ada beberapa cara unik yang biasa dilakukan untuk menilai harga emas, yaitu :

Emas atau Kambing
Anda tentu tahu domba atau kambing yang biasa dijual. Cara sederhana untuk bisa menginvestigasi dengan benar apakah harga emas sudah terlalu tinggi dengan menggunakan domba. Sudah jelas bahwa harga domba dan harga emas berbeda jauh, maka jika ada perbandingan tipis maka harga emas sudah tidak wajar.
Kedengarannya memang aneh dan tidak ilmiah, namun cara ini sudah ampuh untuk membandingkan harganya antara domba atau kambing yang sering digunakan untuk kurban. Mengingat jaman dahulu selain emas, kambing dan domba termasuk hewan ternak berharga dan bernilai.
Menggunakan Persamaan Bretton Woods
Selanjutnya merupakan analisa yang cocok untuk anda yang menginginkan alasan dibalik harga emas namun yang masuk akal. Setelah tadi perbandingan kambing dan domba. Sekarang ini anda bisa menggunakan Bretton Woods yang bisa membandingkan antara harga emas sudah terlalu mahal atau belum.
Persamaan itu berbunyi seperti ini:
The Value of Money = Monetary Base : Official Gold Holdings
Keterangan:
The Value Of Money = nilai sebuah mata uang dibandingkan dengan emas atau harga emas
Monetary Base = uang yang beredar ditambah cadangan (reserve).
Reserve = uang bank yang ada di bank sentral dan uang yang ada di brankas perbankan.
Official Gold Holdings = cadangan emas yang dimiliki oleh bank sentral sebuah negara.

Itulah dua analisa yang bisa anda lakukan dalam menilai apakah harga emas masih dalam batasan wajar atau tidak. Harga emas yang wajar memang harga emas yang masih dalam range atau dalam hitungan normal.

Hitungannya sendiri sudah pernah dibahas dalam artikel lain, dimana anda bisa memanfaatkan mata uang dollar dalam perhitungannya, yaitu :

Cara 1
1 TOZ (baca troy onz atau onz saja) berarti sama nilainya dengan 31,1034768 gram. Jika dengan uang
1 Dolar misalnya 13.000 Rupiah (saat artikel ini ditulis), Maka emas akan disesuaikan harganya dengan dollar kita.
Rumusnya adalah Harga Emas dalam Dolar per Onz dibagi 31.105 (berasal dari konversi TOZ ke gram) dikali Kurs Rupiah terhadap Dolar saat ini.
Contoh :  Harga Emas Internasional = USD 1650 / Troy Onz. Kurs Rupiah Rp Terhadap US$ adalah Rp 13.000 / 1 USD
Berarti Harga Emas Indonesia (1650 / 31.1035) * 13.000 = berkisar antara Rp. 690.000
Cara 2 :
1 tray ounce / toz. setara dengan 31.1 gram jika dibulatkan.
Untuk menghitung rumusnya cukup mudah. Contoh jikalau kita mendapat harga di radio $1,300 /toz. Maka kita harus menkonversi berat tray ounce menjadi gram terlebih dahulu dengan cara:

$1,650 / 31.1 = 51.32 dollar.

Setelah mendapatkan berat $51,32 dollar / gram anda dapat mengkonversi ke harga rupiah dengan cara mengkali kan kurs rupiah:

$41,8 x Rp.13.000 (simulasi rate nilai tukar USD / IDR) = Rp.667,170 rupiah / gram, Perhitungan yang tidak jauh berbeda dengan perhitungan pertama kan ?

Dengan begitu anda bisa menilai apakah harga emas masih masuk akal atau tidak. Jika perbedaanya sampai lebih dari 50% dari harga seharusnya yang sudah anda hitung menggunakan harga dollar saat itu maka jangan membelinya. Harga tersebut sudah benar-benar mahal.

Sebenarnya untuk menghindari anda membeli emas dalam harga yang wajar atau tidak maka gunakan saja tips untuk membeli emas di waktu yang tepat. Sehingga anda tidak terjebak disituasi tidak memiliki investasi padahal harga sedang tinggi, atau justru membeli emas di harga yang sedang naik.

Berikut ini tips umum bagaimana membeli emas ketika harga emas masih masuk akal :

1.  Rencanakan Tujuannya

Buat rencana serta tujuan anda melakukan investasi emas. Jika membingungkan atau mungkin ada rencana yang anda pikirkan, bisa langsung berkonsultasi terlebih dahulu dengan seseorang yang sudah ahli dalam bisnis emas. Karena investasi ini akan melibatkan dana yang anda miliki walaupun mungkin resiko meskipun tidak besar.

Investasi emas memang mudah, atau mungkin keuntungannya didapat hanya untuk mengelola dana yang ada saja. Namun tetap saja anda harus bisa merencanakan tujuannya dengan jelas, sehingga anda bisa menentukan strategi yang tepat. Jika sudah berhasil mendapatkan keuntungan atau mengumpulkan emas dengan jumlah banyak maka apa yang akan anda lakukan selanjutnya. Jangan sampai keuntungannya hanya bersifat instan dan sementara.

Merencanakan tujuan investasi emas bisa mempermudah anda ketika menjalankan investasi di waktu selanjutnya. Maka jangan meremehkan rencana serta planing sebelum memulai, karena biasanya kita menjalankan sesuatu yang justru di luar rencana. Meskipun terkadang tidak sesuai, namun tidak akan jauh dari yang sudah anda rencanakan.

2. Tentukan Jenis Emas

Terkadang jenis emas bisa mempengaruhi harga emasnya, seperti halnya emas batangan yang sudah jelas harganya dengan kurs dollar yang ada. Akan berbeda dengan harga emas perhiasan meskipun sama-sama emas. Biasanya lebih rendah karena dikenakan tambahan biaya perawatan dan pembuatan desainnya.

Investasi emas banyak jenisnya, bagi anda yang pemula coba kenali kembali jenis-jenis investasi yang cocok dan sesuai dengan anda. Bisa jadi pilihan anda mempengaruhi keuntungan yang anda dapatkan ketika melakukan investasi. Mengenali berarti anda harus mempelajarinya mulai dari kelebihan dan kekurangannya, resikonya sampai harga atau modalnya.

Meskipun seperti yang dibahas diatas, perhiasan mungkin memakan biaya tambahan. Namun perhiasan yang Anda beli terbuat dari emas, karena bentuknya berubah maka anda tidak bisa menjadikannya investasi ? tidak juga. Selama perhiasan yang anda beli karatnya benar-benar bagus maka perhiasan anda bisa menjadi investasi berharga.

Pada dasarnya, emas memiliki beberapa jenis dan bentuk. Diantaranya emas batangan, perhiasan, koin dan juga dinar. Ada juga yang hanya memanfaatkan surat-suratnya saja tanpa memegang fisiknya dan disebut emas non fisik. Semuanya sama-sama emas namun memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda.

Anda harus bisa memilih investasi emas mana yang ingin anda gunakan sebagai modal untuk memperoleh keuntungan, pada dasarnya semua investasi emas menguntungkan selama murni dan strategi anda sesuai.


Dengan kedua strategi diatas anda juga bisa mendapatkan tips dan trik yang tepat kapan anda bisa membeli emas untuk investasi dan harganya masih masuk akal atau tidak. Disini analisa dan strategi anda benar-benar dipertaruhkan untuk bisa membaca situasi dan mendapatkan keuntungan dalam berbisnis investasi emas.



emas batangan apakah ada jenisnya ?
logoblog

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Menganalisa Harga Emas Apakah Masih Wajar atau Kemahalan"

Posting Komentar