ads

Cara Jual Emas Batangan yang Menguntungkan



Cara Jual Emas Batangan yang  Menguntungkan

Apa pendapat anda mengenai investasi berupa emas ? 

Pernahkah Anda merasa ragu mengenai keamanan ataupun bingung bagaimana atau apa yang harus anda lakukan dalam menjual emas? 

Bagi sebagian orang, investasi adalah kegiatan yang sangat berharga dan penting.  Salah satu investasi yang cukup banyak diminati yaitu investasi emas.

Terdapat dua jenis investasi emas yang bisa anda pilih yaitu emas perhiasan ataupun emas batangan. Selain untuk investasi, emas perhiasan seringkali digunakan untuk  mempercantik diri dan sebagai aksesori tubuh. 

Namun banyak juga yang memilih emas batangan karena keuntungan yang ditawarkanpun cukup menggiurkan. Untuk emas batangan sendiri ada beberapa jenis yaitu :

·         Emas batangan 1 kilogram atau 1000 gram

Pertama adalah jenis emas 1 kilogram atau 1000 gram. Emas ini merupakan jenis emas batangan yang terberat. Ukuran atau bentuknya sama-sama seperti bar, namun jika ditimbang memiliki bobot 1000 gram.

·         Emas batangan 12,4 kilogram

Untuk emas ini memang jarang peminatnya, mengingat ukurannya nanggung hanya 12,4 kilogram atau setara dengan 1200 gram. Sebenarnya besar, namun karena ukurannya yang tidak umum membuat investor mengurungkan niat untuk membeli emas ini.

·         Emas batangan 100 gram

Emas batangan untuk 1 ons merupakan salah satu emas batangan yang seringkali dibeli oleh para investor. Karena harganya yang masih bisa dijangkau dan ukurannya yang tidak terlalu besar namun juga tidak terlalu kecil.

·         Emas batangan 50 gram, 20 gram, 10 gram, ataupun 1 gram

Ukuran 50, 20, 10 sampai 1 merupakan ukuran emas yang lebih kecil hingga paling kecil. Jika anda ingin mencoba investasi dengan dana yang pas-pasan maka anda bisa memilih emas ini. Emas batangan sendiri memiliki penjelasan di setiap barnya dan sertifikatnya, sehingga tidak akan tertukar meskipun bentuknya atau panjangnya terlihat sama.

Baik investasi emas perhiasan ataupun emas batangan, keduanya memiliki keuntungan sebagai berikut:

·    Tahan terhadap inflasi, hal ini dimaksudkan emas semakin tinggi tingkat inflasi, semakin tinggi  harganya.
·         Tidak mudah rusak serta tahan lama sehingga cocok untuk jangka panjang.
·         Risiko minimum karena likuiditas emas yang tinggi
·         Mudah didapatkan dan dijadikan transaksi (dijual atau dibeli)  di tempat terpercaya
·        Modal yang dibutuhkan tidak perlu besar karena Anda dapat membeli emas dengan berat yang sangat ringan dan juga bisa dibeli dengan uang yang tak terlalu besar.

Nah lantas bagaimana dengan menjual emas atau tips agar mendapatkan keuntungan ketika anda menjual emas ?

1. Membandingkan Harga Emas

Biasanya sebelum menjual sesuatu anda pasti membandingkan harga di setiap tempat. Begitupun ketika anda ingin menjual emas dan mendapatkan keuntungan khusus. Jangan menjual emas langsung ketika anda menemukan harga emas.

Biasanya setiap toko memberikan penawaran harga yang berbeda – beda tergantung dari asal mereka mengambil emas dan juga modal setiap tokonya. Jika anda sudah mengecek berbagai toko anda bisa memilih toko yang paling mahal untuk menjual emas batangan.

2. Membawa sertifikat dan sejenisnya

Sebelum melakukan jual beli emas hal utama yang harus anda siapkan adalah perlengkapan dan juga berbagai data pendukung emas batangan anda. jika memang emas anda benar-benar murni maka akan ada sertifikat sebagai pelengkap dan pendukung. Sehingga toko tidak akan berkelit bahwa emas anda palsu dan menjatuhkan harga.

Selain itu sertifikat juga bisa menaikan harga. Misalnya tahun pembuatan sudah lama dan dinilai sebagai emas lama yang masih bagus dan langka. Serta seritifikat menyatakan gram dan ID nya secara valid, anda bisa mematok harga sesuai dengan harga pasar dan juga menjualnya.

3. Mencari Tahu harga Pasaran

Emas merupakan benda berharga khususnya emas batangan. Layaknya menjual mobil atau motor anda pasti akan mencari harga pasaran ketika menjualnya, namun elektronik pasti turun harganya karena sudah pernah diservis, sudah pernah jatuh, rusak dan sebagainya. Namun emas hanya disimpan saja dengan kata lain tidak digunakan maka tidak akan terjadi kerusakan.

Lebih masuk akal jika harganya harus lebih mahal dibandingkan harga beli kan. Nah ketika anda ingin menjual khususnya menjual emas batangan, maka anda mencari dulu harga pasaran yang sedang berlangsung. Apakah harganya relevan dan lebih tinggi dari harga beli atau tidak.

Misalnya anda membeli emas dengan harga 500.000 per gram, maka minimal harga jualnya adalah 550.000 per gram di tahun selanjutnya. Jangan sampai anda menjual dibawah harga itu, kalaupun laku sama dengan harga ketika anda beli sebenarnya boleh saja. Sehingga anda tidak mendapatkan uang untung atau terkena uang rugi.

Namun jika hal tersebut terjadi maka tidak bisa dikatakan menjual secara menguntungkan atau investasi dengan baik. Justru yang ada anda sama saja merugi karena anda melakukan hal yang tidak berguna atau “useless”.

4. Jual dimana Anda Membeli

Untuk anda yang pertama melakukan jual beli emas batangan atau investasi batangan pasti bingung dimana anda harus menjual emas secara menguntungkan. Solusinya sangat mudah, anda bisa saja menjual emas dengan harga yang baik adalah dengan menjualnya kembali pada Toko dimana anda membeli emas batangannya.

Bawa juga sertifikat bahkan serta bukti pembelian sehingga anda bisa menjualnya dengan harga yang lebih tinggi. Seperti promosinya ketika pembelian bahwa emas mereka mungkin menjanjikan dan juga bagus maka ketika membeli mereka tidak bisa meragukan adanya emas yang anda beli pada tempatnya.

 Selain itu jika anda terbiasa menjadikan toko tersebut tempat jual beli emas atau investasi emas anda tentu akan lebih baik. Meskipun emas sudah ada pada anda namun kualitas emas yang tak berubah secara drastis dan mereka tentunya lebih tahu kualitas emas yang mereka jual kepada konsumennya.

5. Pegadaian

Mungkin anda membutuhkan uang namun sulit untuk bisa menjual emas yang anda miliki. Nah ada satu cara dimana anda bisa menitipkan emas yang ada ke tempat aman dan terpercaya namun anda tetap bisa mendapatkan uang yang anda butuhkan yaitu pegadaian. Dimana anda bisa menyimpan uang di pegadaian dan mendapatkan uang dalam waktu bersamaan.

Biasanya pegadaian menyimpan emas yang anda gadaikan dan ditukarkan dengan menggunakan uang seharga dengan emas anda. Selain itu, anda juga bisa melepaskan emas anda dengan lega karena biasanya emas di pegadaian aman. Hanya saja anda harus membayar cicilan pinjamannya setiap bulan agar emas kesayangan anda tidak dijual alias dilelang pada pembeli emas pegadaian.

6. Menjual Emas di ANTAM

Anda ingin mendapatkan keuntungan dari emas yang anda jual. Namun tidak khawatir kemana emas anda pergi serta kualitas yang tetap terjamin dan juga  lebih bagus. Anda bisa memilih untuk menjual emas kepada satuan bisnis antam, Pusat atau kantor perusahaan ANTAM di Jakarta timur, mereka menerima emas batangan maupun olahan emas lainnya.

Namun utamanya yang harganya stabil dan bagus adalah emas batangan. jika kesulitan langsung ke pusatnya kamu bisa mencari cabang antam dan Butik emas mobile karena keduanya merupakan cabang dari pusat Antam langsung sehingga harganya juga tidak mengalami perbedaan yang dratis dan tetap aman serta menguntungkan. Apalagi jika dulunya anda memang membeli emas di ANTAM.

Memang ada beberapa kekurangan emas batangan sehingga menyebabkan cukup banyak orang memutuskan untuk menjual emas, diantaranya adalah :

1). Membutuhkan tempat penyimpanan khusus

Seringkali Emas batangan yang anda miliki tidak mungkin ditempatkan di lemari biasa saja, hal ini akan mengundang bahaya atau mengundang kriminalitas. Sehingga emas batangan membutuhkan sarana penyimpanan khusus. Terutama jika anda memiliki emas batangan dengan jumlah yang banyak ataupun besar.

Bagi Anda yang ingin berinvestasi emas batangan, namun bingung dimana tempat menaruh emas batangan yang aman. Bila jumlah emas yang anda miliki sudah berbahaya untuk ditaruh dirumah, maka mulailah menitipkan emas ke bank atau pegadaian supaya lebih aman untuk investasi anda dan juga untuk diri anda sendiri.

2). Membutuhkan Biaya Perawatan

Karena bentuknya fisik sudah jelas anda tidak bisa sembarangan menyimpan investasi di rumah anda. Kalaupun anda memiliki investasi emas batang, emas perhiasan dan sebagainya di bank atau pegadaian tentu ada biaya perawatan atau jasa perawatan yang menyebabkan banyak orang harus membayar biaya tambahan.


Tentu setelah mengulas anda tidak bingung lagi kan ntuk menjual emas yang ada. Dimana penjualan emas dengan keuntungan tinggi bukan hal yang tidak mungkin, anda bisa mendapatkannya dan menjualnya dengan aman dan tanpa khawatir. 

kisah nyata nabung emas berbuah manis



logoblog

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Jual Emas Batangan yang Menguntungkan"

Posting Komentar