ads

Cara Beli Emas Batangan yang Aman dan Terpercaya



Investasi emas merupakan salah satu investasi yang gencar dilakukan masyarakat Indonesia. Bukan hanya mudah, modal yang dibutuhkan tidak besar dan resiko yang ditanggung tidaklah besar. Sehingga ketika mengalami kerugian tidak akan sebesar investasi lainnya.

Selain itu, kelebihan investasi emas yakni ketika anda membutuhkan dana atau uang darurat. Investasi yang lain seperti saham atau forex jelas tidak akan bisa diandalkan ketika anda membutuhkan dana darurat namun emas bisa.

Dari sekian banyak investasi emas, ada yang memilih investasi emas batangan? Investasi emas dalam bentuk batangan bisa anda pilih karena emas batangan sering disebut sebagai “save heaven” yakni instrumen investasi yang cukup tahan terhadap laju inflasi.

Karena kelebihan inilah yang menyebabkan investasi emas menjadi favorit masyarakat Indonesia. Mulai dari masyarakat yang mungkin hanya ingin menyimpan uang sampai dengan mereka yang memang membawa serius investasi emas untuk dikelola keuntungannya. 

Namun sebelum membicarakan keuntungan anda harus tahu dulu bagaimana dan dimana membeli emas yang aman dan juga terpercaya :
1.     

           Tempat Terpercaya


Jika anda ingin membeli emas batangan yang aman maka nomor satu tentu tempat dimana anda membeli emas batangan tersebut. Pasalnya emas batangan yang aslilah yang bernilai tinggi dan memiliki nilai jual yang tinggi. Asli disini dimaksudkan bahwa emas tersebut memiliki karat 24 dengan 99.99% murni emas.

Ada beberapa tempat dimana anda bisa membeli emas yang tepercaya.  Diantaranya adalah :
·      

          ANTAM


Tempat pertama yang bisa anda kunjungi tentu saja ANTAM atau aneka tambang milik pemerintah. Terdapat dua kantor yaitu unit bisnis dan juga kantor pusat. Biasanya memang terjadi antrian yang panjang baik di unit bisnis dan kantor pusat.

Hal ini terjadi karena para investor emas sudah tahu akan keaslian dan keamanan pembelian emas batangan di ANTAM. Mereka memiliki kemurnian yang akurat dengan harga yang tinggi baik ketika penjualan maupun pembelian. 

Kantor pusat terletak di Jl. Tb Simatupang No 01 Lingkar Selatan Tanjung Barat. Sedangkan untuk kantor unit bisnis terletak di Pulogadung Jakarta Timur.

Prosesnya juga sangat mudah, karena  dengan waktu 10 menit saja anda sudah bisa membawa pulang emas. 

Sistem pembeliannya pun hampir sama dengan di unit bisnis ANTAM yang ada di pulo gadung. 

Namun ada yang mengatakan bahwa penjualan di unit bisnis cenderung lebih murah dibandingkan kantor pusatnya.
·           

      Bank Syariah


Program syariah memang sangat laku di Indonesia, mengingat banyak umat muslim yang tinggal di Indonesia. 

Hal ini juga yang menjadikan Bank Syariah tidak ingin ketinggalan dan ikut menawarkan layanan pembelian emas  yang sesuai prinsip syariah dengan akad jual beli atau murabahah, sehingga untuk anda yang khawatir transaksi di bank konvensional anda bisa menggunakan bank syariah.

Tentu ada cicilan emas batangan seperti layaknya anda membeli emas dan juga beberapa Syarat-syarat umum yang harus anda penuhi sebagai nasabah yang ingin membeli emas batangan.

1)      Anda diwajibkan membawa bukti identitas diri yang masih berlaku KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku dan valid

2)      Berat minimal emas jika dijumlahkan hanya 10 gram, memang harus dibatasi mengingat pembelian besar-besaran hanya bisa dilakukan di perusahaan ANTAM. Kantor pos pun atau tempat lain diberikan pembatasan pembelian dan penjualan

3)      Harus WNI yang cukup umur dan bukan atau tidak sedang menjadi warga negara lain.

4)      Pegawai dari usia 21 tahun sampai maksimal 55 tahun. Mengapa diutamakan pegawai ? agar tidak ada masalah dalam pembayaran cicilan emas atau tabungan emas untuk investasi. Sedangkan usia 55 dianggap usia batasan seseorang bekerja

5)      Pensiunan maksimal berusia 70 tahun dan pensiunannya jelas (PNS, tentara dan sejenisnya)

6)      Apabila anda 60 tahun dan berprofesi sebagai wiraswasta dan profesional, anta tetap bisa membeli emas batangan di bank syariah. Namun jika salah satunya tidak ada maka akan gugur.

7)      Perlu anda ketahui bahwa batasan usia bukan saat mendaftar namun pada saat jatuh tempo

·         Kantor Pos


Selanjutnya tempat terpercaya untuk membeli emas batangan yaitu di PT Pos Indonesia. Dimana kantor pos memang bekerjasama dengan PT Antam, hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pembelian emas terutama untuk anda yang berada di dareah.

Sekarang ini sudah ada 109 kantor pos yang bisa melayani pembelian emas. Utamanya kantor pos di pulau Jawa, Madura, Bali dan Nusa Tenggara dengan ketentuan pembelian emas minimal 0.5 gram dan maksimal 50 gram saja.

Walaupun harga emas di kantor pos memang lebih tinggi dibandingkan Antam namun harganya masih masuk akal dan tentu lebih bisa dijangkau oleh anda yang tinggal di luar Jakarta. Karena akan lebih merepotkan jika anda membelinya ke kantor pusat Antam langsung kan.

Jangan khawatir mengenai proses pembelian emas batangan di kantor pos karena sangat mudah. Biasanya ada beberapa masyarakat desa yang ingin menyimpan emasnya juga namun takut prosesnya akan sulit.

Anda hanya tinggal datang ke kantor pos dengan membawa identitas diri yang masih berlaku dan selanjutnya akan dipandu oleh petugas yang ada. Namun untuk sekarang ini kantor pos hanya menyediakan pembelian emas batangan yang aman saja belum melakukan penjualan untuk emas murni.

2.       Lihat Tren Harga Emas


Saat Anda membeli emas batangan anda tidak boleh membelinya dengan waktu yang sembarang. Sebenarnya sah dan aman-aman saja jika anda ingin membeli emas batangan kapan pun anda mau. Hanya saja anda bisa merugi atau mengeluarkan modal yang besar.

Biasanya ketika seorang investor hendak membeli emas, maka dia akan menunggu harga emas turun. Sebaliknya jika harga emas cenderung naik maka Anda bisa menjualnya dan jangan menahannya. Saat menjual emas pastikan anda juga tahu harga emas, begitupun ketika anda membeli emas batangannya. Pastikan anda tahu harga belinya.

Hal ini untuk menjaga anda dari oknum tidak bertanggung jawab yang biasanya sengaja menipu dengan menaikan harga emas berkali-kali lipat jika anda tidak tahu apa-apa. Bagaimana bisa aman jika info mendasar saja anda tidak tahu sama sekali. Pelajari tren emas yang ada.
3.     

         Teliti dalam Membeli


Saat anda memutuskan untuk membeli emas batangan, maka anda harus perhatikan baik-baik keasliannya. Emas yang asli akan di produksi oleh PT. Antam. Selain itu emas akan dilengkapi oleh sertifikat resmi dari PT. Antam. Sertifikat tersebutlah yang menyatakan secara nomor kode emas.

Tugas anda adalah teliti dan memastikan nomor kode sertifikat sesuai dengan nomor kode yang tercetak di emas batangan, karena jika berbeda bisa saja emas batangan tersebut palsu. Selain itu teliti dalam membeli mengurangi kesalahan yang mungkin terjadi. Seperti emas yang ternyata bukan 24 karat, kemurnian rendah dan sebagainya.

Apabila terjadi kesalahan tersebut, terkadang banyak toko yang juga menyalahkan anda sebagai pembeli tidak teliti. Cobalah untuk mengulik apakah ada yang salah dalam emas batangan yang anda beli atau tidak.
4.   

          Hindari Online


Sekarang ini adanya teknologi memang memudahkan banyak orang untuk melakukan berbagai kegiatan, salah satunya investasi emas batangan. Namun tahukah anda bahwa kemungkinan keamanan dan keberhasilannya rendah.

Anda tidak pernah tahu apakah emas yang dijual adalah murni atau tidak. Selain itu anda tidak tahu apakah emas tersebut wujud fisikya ada atau tidak. Sesuaikah sertifikat yang telah anda pegang dengan emas batangan yang ada. Hal ini menjadikan kita untuk tidak melakukan pembelian online agar lebih aman.

Dalam bisnis online bukan tidak mungkin adanya barang palsu dan tidak sesuai. Maka cobalah untuk menghindari transaksi online dan lakukan yang konkret saja. Dibandingkan anda khawatir dan bertaruh akan emas batangan yang anda beli secara online.

5.           Cek Sertifikat


Emas dianggap bernilai jika sertifikat benar-benar ada dan tercantum logo ANTAM sebagai perusahaan yang memproduksi emas di Indonesia. Maka anda harus benar-benar mengecek keaslian sertifikat ketika membeli.

Coba anda cocokan antara emas dan juga sertifikat, kemudian berat yang ada pada sertifikat dan juga pada emas batangan anda. Selain itu samakan kode yang telah dibuat ANTAM karena tidak akan sama, terlebih yang penting adalah surat tersebut resmi dikeluarkan oleh ANTAM.

Memang oknum bisa saja memalsukan sertifikat emas tersebut dan mendapatkannya, namun sertifikat emas dari ANTAM memiliki logo, format dan bentuk yang sama. Biasanya sertifikat tersebut memiliki design yang sama, dan terdata dengan baik. Sehingga anda bisa mengeceknya. 

bagaiamana trik agar investasi emas cepat menguntungkan ?





logoblog

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Beli Emas Batangan yang Aman dan Terpercaya"

Posting Komentar